Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis permainan ular tangga untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran IPA kelas IV SD. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau dikenal dengan penelitian R&D (Research and Development). Teknik pengumpulan data menggunakan teknik non tes yaitu wawancara, angket yang ditujukan kepada siswa, dan lembar validasi. Berdasarkan pengembangan produk diperoleh hasil dari uji kelayakan pakar media adalah 78,67% dengan kriteria tinggi dan hasil uji pakar materi adalah 72,5% dengan kriteria tinggi, sehingga dapat dinyatakan bahwa media pembelajaran berbasis permainan ular tangga layak untuk diujicobakan. Berdasarkan uji terbatas yang dilakukan terlihat adanya peningkatan motivasi belajar, yang semula motivasi belajar siswa adalah 70,20% dengan kriteria “Baik”, setelah diberikan media pembelajaran berbasis permainan ular tangga mengalami peningkatan “84,86%” dengan kategori “Sangat Baik”, yang artinya motivasi belajar siswa mengalami peningkatan sesudah menggunakan media pembelajaran berbasis permainan ular tangga.
Copyrights © 2022