JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)
Vol. 5 No. 12 (2022): JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)

Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Permainan Ular Tangga untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran IPA Kelas IV SD

Pratiwi, Avelina Sherin (Unknown)
Hardini, Agustina Tyas Asri (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Dec 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis permainan ular tangga untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran IPA kelas IV SD. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau dikenal dengan penelitian R&D (Research and Development). Teknik pengumpulan data menggunakan teknik non tes yaitu wawancara, angket yang ditujukan kepada siswa, dan lembar validasi. Berdasarkan pengembangan produk diperoleh hasil dari uji kelayakan pakar media adalah 78,67% dengan kriteria tinggi dan hasil uji pakar materi adalah 72,5% dengan kriteria tinggi, sehingga dapat dinyatakan bahwa media pembelajaran berbasis permainan ular tangga layak untuk diujicobakan. Berdasarkan uji terbatas yang dilakukan terlihat adanya peningkatan motivasi belajar, yang semula motivasi belajar siswa adalah 70,20% dengan kriteria “Baik”, setelah diberikan media pembelajaran berbasis permainan ular tangga mengalami peningkatan “84,86%” dengan kategori “Sangat Baik”, yang artinya motivasi belajar siswa mengalami peningkatan sesudah menggunakan media pembelajaran berbasis permainan ular tangga.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JIIP

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Other

Description

JIIP – Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Jurnal ilmiah ber-ISSN yang difokuskan pada keilmuan pendidikan secara umum antara lain: Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Pendidikan Teknologi Informasi, Pendidikan ...