Jurnal Pendidikan dan Pengajaran (JPP)
Vol 3 No 3 (2022): September 2022

Pemanfaatan Adobe Primiere-Pro sebagai Media Ajar dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa

Zila Razilu (Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi, Universitas Muhammadiyah Kendari)
Samusu Samusu (Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi, Universitas Muhammadiyah Kendari)



Article Info

Publish Date
30 Oct 2022

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah pemanfaatan Adobe Primiere-Pro sebagai media ajar untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitiani dilaksanakani pada bulani Oktober s/d iDesember 2021 di SMK Negeri 5 Kendari. Jenisi data yang idi pakai dalami penelitian ini adalah eksperimeni yang menggunakanidua kelasiyaitu kelasieksperimen idan kelas kontrol. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji validasi dan uji reabilitas, sementarai tekniki analisis daya menggunakan uji normalitasidata, uji homogenitas dan uji iregresi lineari sederhana. Hasil penelitian yang diperoleh hasil uji linearitas menunjukkan bahwa nilai untuk fhitung lebih besar dari nilai ftabel (fhitung > ftabel) dimana nilai Ftabel 4.38 lebih besar dari Fhitung 3.194, dan menunjukkan bahwa model regresi persamaan kedua juga memenuhi syarat linearitas, hal ini juga dipertegas dengan nilai perbandingan antara post test dan pre test kelas eksperimen dimana nilainya yaitu sebelum dilakukan perlakuan 78.52, setelah dilakukan perlakuan maka meningkat menjadi 88.39, maka dapat disimpulkan bahwa pengaruh penerapkan media pembelajaran adobe primiere-pro terhadap hasil belajar siswa, yaitu: penggunaan media ajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa. Artinya jika skor penggunaan media ajar meningkat maka hasil belajar siswa kelas XII di SMK Negeri 5 Kendari juga meningkat.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpp

Publisher

Subject

Arts Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Pengajaran (JPP) merupakan jurnal publikasi berbasis online dan printed yang dikelola oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Muhammadiyah Kendari. Artikel yang diterima di jurnal ini adalah artikel hasil penelitian dan review artikel maupun buku. Jurnal ...