Uang elektronik tumbuh secara pesat di Indonesia. Termasuk beberapa di antaranya yang menempati urutan teratas paling banyak digunakan oleh masyarakat adalah Gopay, OVO, dan ShopeePay. Adapun penelitian ini ditujukan guna melakukan identifikasi adanya efek persepsi kemudahan penggunaan pada minat penggunaan uang elektronik (Gopay, OVO, dan ShopeePay). Penelitian ini berjenis penelitian kausalitas dengan pendekatannya adalah pendekatan kuantitatif. Populasi yang ditetapkan merupakan mahasiswa jurusan Manajemen dan jurusan Akuntansi Universitas Klabat. Dan melalui purposive sampling, ditetapkan adanya persyaratan responden bahwa responden harus memiliki akun Gopay, OVO, atau ShopeePay. Kemudian didapati sebanyak 58 sampel yang memenuhi ketentuan dan telah mengisi kuesioner yang disebar dengan sistem online. Data yang telah dikumpulkan, selanjutnya dianalisis dengan analisis regresi sederhana. Temuan analisis membuktikan adanya efek persepsi kemudahan penggunaan secara signifikan dan positif pada minat penggunaan uang elektronik (Gopay, OVO, dan ShopeePay) pada mahasiswa jurusan Manajemen dan jurusan Akuntansi Universitas Klabat.
Copyrights © 2022