Journal of Agricultural Socio-Economics (JASE)
Vol. 3 No. 1 (2022): Journal of Agricultural Socio-Economics (JASE)

Faktor Keputusan Belanja Online Produk Pertanian Dan Non-Pertanian

Siska Bara (Universitas Nusa Cendana)
Doppy Roy Nendissa (Universitas Nusa Cendana)
Serman Nikolaus (Universitas Nusa Cendana)
Marthen R Pellokila (Universitas Nusa Cendana)
Nikmatul Khoiriyah (Universitas Islam Malang)



Article Info

Publish Date
22 Aug 2022

Abstract

Pemasaran produk menggunakan media online telah mendisrupsi sistem pemasaran produk konvensional. Studi ini untuk mengetahui faktor determinan pengunaan media online dalam pembelian produk pertanian dan non-pertanian. Data penelitian menggunakan data primer dengan pengukuran menggunakan skala likert untuk menemukan faktor determinan yaitu umur, pendidikan, metode pembayaran, kenyaman belanja, varian produk, harga, kepercayaan dan kemudahan belanja. Data dianalisis dengan pendekatan regresi logistik biner yaitu Logit Model. Hasil studi menemukan bahwa faktor pembelian online adalah umur dan pendidikan sedangkan enam variabel lainnya tidak signifikan. Hal ini menguatkan dugaan bahwa karaktersitik para penggunaan media online di daerah penelitian adalah masyarakat memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam memahami teknologi digital. Sebanyak 72 persen yang melakukan belanja online adalah para generasi muda, usia remaja dan dewasa awal. Para remaja dan dewasa awal cepat menyesuaikan dengan tren perubahan terknologi digital dan rasa ingin mencoba hal-hal baru. Pemasaran online melalui berbagai situs-aplikasi digital, belum banyak dikenal responden di daerah penelitian, sehingga keenam variabel tidak menjadi penentu dalam belanja online. Salah satu kendala utama di daerah penelitian adalah kesulitan jaringan internet sehingga perlu perluasan jaringan internet dan memberikan literasi dalam menggunakan aplikasi belanja online.   

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JASE

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Economics, Econometrics & Finance

Description

The Agricultural Socio-Economic Journal is an international journal, providing forums for economic research and disciplines related to statistics, econometrics, marketing, agribusiness management, policy, history and sociology, and applications for issues in agriculture, healthy food, and related ...