Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan video pembelajaran dalam meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas VII Bahasa Indonesia SMPN 1 Bontomarannu. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan video pembelajaran dalam meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas VII Bahasa Indonesia SMPN 1 Bontomarannu. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII yang berjumlah 31 orang. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi, lembar tes yang terdiri dari tes pre-test dan post-test, serta dokumentasi. Hasil penelitian dan analisis data mengenai perbandingan skor statistik, kategori hasil tes, dan tingkat ketuntasan, terbukti adanya peningkatan dan pengaruh video pembelajaran terhadap keterampilan berbicara siswa SMPN 1 Bontomarannu. Hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil pre-test adalah 52,90% dan nilai rata-rata post-test adalah 80,51%, yang berarti telah terjadi peningkatan keterampilan berbicara siswa pada tes pre-test. ke post-test. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kemampuan berbicara siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dengan video pembelajaran lebih baik dibandingkan dengan sebelum menggunakan video pembelajaran.
Copyrights © 2022