Ainara Journal (Jurnal Penelitian dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan)
Vol. 3 No. 3 (2022): Ainara Journal (Jurnal Penelitian dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan)

Pengaruh Kelengkapan Administrasi Pembelajaran terhadap Nilai Akhir Siswa SMP

Husnul Khatimah (Program Studi Pendidikan Sejarah, STKIP Yapis Dompu)
Nurjannah Nurjannah (Program Studi Pendidikan Sejarah, STKIP Yapis Dompu)
Jama'ah Jama'ah (Program Studi Pendidikan Sejarah, STKIP Yapis Dompu)



Article Info

Publish Date
17 Aug 2022

Abstract

Di dalam merencanakan pembelajaran terdapat beberapa hal pokok, dan salah satunya adalah pembuatan administrasi pembelajaran. Secara konseptual administrasi pembelajaran merupakan hal yang paling penting untuk dilaksanakan guru pendidikan IPS Terpadu. Jenis penelitian ini ialah kuantitatif, populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Dompu tahun pembelajaran 2016/2017 dan sampelnya adalah kelas VIII B sebanyak 28 orang siswa dari keseluruhan populasi sebanyak 84 oang. Kelengkapan administrasi pembelajaran adalah upaya mencapai tujuan secara berkualitas efektif dan efisien dalam tercapainya hasil belajar yakni prestasi yang aspek intelektual, sosial, emosianal, moral, dan keterampilan. Kesimpulannya adalah terdapat pengaruh kelengkapan administrasi pembelajaran terhadap nilai akhir siswa SMP Negeri 3 Dompu tahun pembelajaran 2016/2017.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

ainj

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences

Description

Ainara Journal (Jurnal Penelitian dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), covers research and study in the field of education and culture, such as, education management, education best practice, curriculum, education assessment, education policy, education technology, language, archeology, educatioan etc . ...