Gema Pendidikan
Vol 29, No 2 (2022): Juli, Gema Pendidikan

Does Online Authentic Texts Help Facilitating Students’ Reading Comprehension in English Reading?

Desy Liliani Husain (Halu Oleo University)



Article Info

Publish Date
25 Jul 2022

Abstract

Sebagai kebutuhan komunikasi saat ini, kegiatan pembelajaran bahasa di kelas harus bermakna dan nyata. Hal itu dapat diwujudkan melalui pengintegrasian bahan ajar kehidupan nyata ke dalam kegiatan sehari-hari di kelas. Melalui penelitian ini, pengaruh teks otentik online pada pemahaman membaca siswa dinilai dalam beberapa perlakuan di kelas. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen, dengan terlebih dahulu memberikan pre-test, menerapkan perlakuan selama enam minggu dan memberikan post-test. Peserta penelitian kali ini adalah mahasiswa Jurusan Bahasa Inggris Universitas Halu Oleo yang memprogramkan mata kuliah Intensive Reading. Jumlah peserta sebanyak 22 mahasiswa yang mendaftar pada semester IV. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor pemahaman membaca siswa di pre-test meningkat di post-test sebagai efek dari penggunaan teks otentik online. Seperti pada pre-test, nilai rata-rata skor pemahaman membaca adalah 39,64, kemudian meningkat menjadi 71,64 pada post-test. Jadi dapat disimpulkan bahwa bahwa teks otentik online memiliki efek positif untuk meningkatkan pemahaman membaca siswa.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

GP

Publisher

Subject

Chemistry Education Mathematics Social Sciences Other

Description

Gema Pendidikan is one of the publications of research results in the field of Education. Research studies in this journal cover all topics related to Education. The targets in the publication of this journal are Lecturers, Teachers, and Researchers in the field of Education. ...