Penelitian ini bertujuan untukmengetahui gambaran kesalahan siswa kelas VII SMPN 2 Loghia yang berkemampuan matematika tinggi, sedang, dan rendah dalam menyelesaikan soal aljabar.Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif.Subjek penelitian ini adalah 3 siswa kelas VIIA SMPN 2 Loghia.Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Subjek kategori tinggi adalah subjek yang mengalami kesalahan algoritma dalam prosedur penyelesaian soal yang berkaitan dengan operasi perkalian pada bentuk aljabar; (2) Subjek kategori sedang adalah subjek yang mengalami kesalahan prinsip dalam penyederhanaan operasi bentuk aljabar dengan menggunakan sifat-sifat aljabar dan melakukan kesalahan algoritma dalam prosedur menyelesaian soal yang berkaitan dengan operasi perkalian pada bentuk aljabar; dan (3) Subjek kategori rendah adalah subjek yang mengalami kesalahan konsep dalam menentukan unsur-unsur bentuk aljabar, kesalahan prinsip dalam penyederhanaan operasi bentuk aljabar dengan menggunakan sifat-sifat aljabar dan kesalahan algoritma dalam prosedur menyelesaian soal yang berkaitan dengan operasi perkalian pada bentuk aljabar.
Copyrights © 2022