Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VII SMP Negeri 2 Sawerigadi ditinjau dari kepercayaan diri. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian eksploratif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari 3 siswa yang terdiri dari siswa kepercayaan diri tinggi, sedang dan rendah. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket kepercayaan diri, tes kemampuan pemecahan masalah matematika, pedoman wawancara dan alat perekam. Analisis data menggunakan triangulasi waktu. Hasil penelitian ini yaitu: (1) Siswa dengan tingkat kepercayaan diri tinggi memiliki kemampuan pemecahan masalah yang sangat baik, karena mampu memahami masalah, merencanakan penyelesaian masalah, melaksanakan rencana, dan memeriksa kembali. (2) Siswa dengan tingkat kepercayaan diri sedang memiliki kemampuan pemecahan masalah yang cukup, karena hanya mampu memahami masalah dan merencanakan penyelesaian. (3) Siswa dengan tingkat kepercayaan diri rendah memiliki kemampuan pemecahan masalah yang kurang, karena hanya mampu memahami masalah.
Copyrights © 2022