JURNAL MITRA SWARA GANESHA
Vol. 9 No. 2 (2022): JURNAL MITRA SWARA GANESHA

PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PJBL) UNTUK PENGUATAN KARAKTER KEMANDIRIAN

Andy Ariyanto (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Sutama (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Markhamah (Universitas Muhammadiyah Surakarta)



Article Info

Publish Date
30 Jul 2022

Abstract

Model pembelajaran project based learning dapat meningkatkan nilai-nilai karakter peserta didik. Tujuan PJBL adalah: (1) memperoleh pengetahuan dan keterampilan baru dalam pembelajaran, (2) meningkatkan kemampuan peserta didik dalam pemecahan masalah proyek, (3) membuat peserta didik lebih aktif dalam memecahkan masalah proyek yang kompleks dengan hasil produk nyata berupa barang atau jasa, (4) mengembangkan dan meningkatkan keterampilan peserta didik dalam mengelola sumber/bahan/alat untuk menyelesaikan tugas/proyek, dan (5) meningkatkan kolaborasi peserta didik khususnya pada PJBL yang bersifat kelompok. Dengan demikian PJBL cocok digunakan untuk tujuan dari penelitan ini yaitu meningkatkan karakter kemandirian. Metode penelitian deskriptif kualitatif dengan metode wawancara. Berdasarkan hasil penelitian terdahulu dapat disimpulkan bahwa penerapan Project Based Learning menunjukkan adanya peningkatan karakter mandiri, sehingga perlu dikembangkan lagi penelitian untuk menerapkan model pembelajaran PJBL untuk materi yang berbeda yang disesuaikan dengan karakteristik PJBL Kata Kunci : Pembelajaran Project Based Learning, Karakter, kemandirian

Copyrights © 2022