Jurnal Abdimas Sangkabira
Vol. 3 No. 1 (2022): Jurnal Abdimas Sangkabira, Desember 2022

PENINGKATAN PENGETAHUAN SANTRI PONDOK PESANTREN SYAMSUL FALAH, TERONG TAWAH KABUPATEN LOMBOK BARAT TERKAIT PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT (PHBS)

Iga Della Delphia (Universitas Mataram)
Candra Eka Puspitasari (Universitas Mataram)
Eskarani Tri Pratiwi (Universitas Mataram)
Yoga Dwi Saputra (Universitas Mataram)



Article Info

Publish Date
05 Dec 2022

Abstract

Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) tatanan Institusi Pendidikan merupakan upaya kesadaran akan kebersihan oleh peserta didik dan guru sehingga dapat terciptanya lingkungan belajar yang bersih dan sehat. Pesantren merupakan salah satu Institusi Pendidikan yang rentan terkena berbagai penyakit dikarenakan santri yang mondok tinggal bersama, oleh sebab itu perlunya dilakukan penyuluhan terkait PHBS. Pengabdian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) pada tatanan Institusi Pendidikan di Pondok Pesantren Syamsul Falah. Metode pelaksanaan ini dilakukan dengan menggunakan metode ceramah yang dilanjutkan dengan penyebaran kuesioner yang telah divalidasi dan penyuluhan PHBS di Pondok Pesantren Syamsul Falah. Hasil pengisian kuesioner yang didapatkan dari total 17 responden yang telah mengisi kuesioner mengalami peningkatan dari hasil nilai pre-test dan post-test setelah dilakukannya penyuluhan terkait PHBS di Pondok Pesantren Syamsul Falah.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

abdimas

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

Jurnal Abdimas Sangkabira adalah jurnal pengabdian pada masyarakat yang diterbitkan oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mataram. Sangkabira yang dalam bahasa Sasak Lombok memiliki arti tolong menolong dan gotong royong, dengan harapan akademisi kampus dan masyarakat saling tolong menolong, ...