Matua Jurnal
Vol. 4 No. 4 (2022): Matua Jurnal (Pengembangan Ilmu Manajemen dan Bisnis) (Desember 2022)

ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN PADA PUSKESMAS MUARO BODI SIJUNJUNG

Salfadri (Unknown)
Yulistia (Unknown)
Vina Maura Oktaruni (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Dec 2022

Abstract

Pelayanan kesehatan merupakan salah satu hak mendasar masyarakat yang penyediaannya wajib diselenggarakan oleh pemerintah sebagaimana telah diamanatkan dalam Undang-Undang Dasar 1945 pasal 28 H ayat (1). Puskesmas Muaro Bodi yang telah dilakukan oleh Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) dari Januari tahun 2016 dan masyarakat yang berobat yang tidak menggunakan kartu jaminan (BPJS) membayar karcis sesuai dengan peraturan yang telah ditetapkan di Puskesmas. Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Pada Puskesmas Muaro Bodi Sijunjung. Metode pengumpulan data adalah Penelitian Lapangan (Field Research) dan Penelitian Kepustakaan (Library Research). Jenis dan sumber data adalah data primer dan data sekunder. Pada penelitian ini populasinya adalah mencakup seluruh pasien yang menjalankan pengobatan diPuskesmas Muaro Bodi Sijunjung sebanyak 35.924 orang pasien pada tahun 2018 dan sampel 100 orang. Hasil penelitian ditemukan kualitas pelayaan berpengaruh terhadap kepuasan pasien pada Puskesmas Muaro Bodi Sijunjung.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

MJ

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Matua Jurnal diterbitkan oleh Fakultas Ekonomi dan LPPM Universitas Ekasakti untuk menyebarluaskan hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti dari dalam dan luar Ekonomi Universitas Ekasakti. Jurnal ini berisi penulisan hasil media ilmiah pengembangan dan penyebarluasan pengkajian gagasan, ...