Jurnal Jendela Pendidikan
Vol. 2 No. 03 (2022): Jurnal Jendela Pendidikan: Edisi Agustus 2022

Transformasi Taksonomi Bloom dalam Evaluasi Pembelajaran Berbasis HOTS

Welas Listiani (IKIP Budi Utomo)
Rachmawati Rachmawati (IKIP Budi Utomo)



Article Info

Publish Date
20 Aug 2022

Abstract

Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mendeskripsikan transformasi taksonomi Bloom dalam evaluasi pembelajaran berbasis Higher Order Thinking Skills atau HOTS. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif menggunakan metode kajian pustaka. Evaluasi merupakan penilaian terhadap hasil belajar peserta didik. Ada tiga hasil belajar yang dapat dinilai. Salah satunya adalah kemampuan kognitif atau pengetahuan. Penilain ini dilakukan sesuai dengan ranah kognitif taksonomi Bloom. Namun,  mengalami transformasi atau perubahan pada tahun 2001. Perubahan tersebut berupa C1, C2, C3, C4, C5, dan C6 dari pengetahuan, pemahaman, penerapan, analisis, sintesis, dan evaluasi menjadi mengingat, memahami, menerapkan, menganalisis, mengevaluasi, dan mencipta. Selain itu, revisi taksonomi Bloom menunjukkan adanya perubahan dari kata benda menjadi kata kerja. HOTS meliputi menganalisis, mengevaluasi, dan mencipta. Menyusun soal HOTS harus memperhatikan kata kerja operasional dari C4, C5, dan C6 taksonomi Bloom yang sudah direvisi. HOTS merupakan keterampilan berpikir tingkat tinggi yang berada pada level penalaran.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JJP

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Jendela Pendidikan merupakan jurnal ilmiah yang dikelola oleh CV. Jendela Edukasi Indonesia dan merupakan jurnal yang menerbitkan artikel-artikel penelitian di bidang pendidikan. Jurnal Jendela Pendidikan terbit 4 kali dalam satu tahun yaitu bulan Februari, Mei, Agustus, November. Kami ...