Jurnal Jendela Pendidikan
Vol. 2 No. 03 (2022): Jurnal Jendela Pendidikan: Edisi Agustus 2022

Penerapan Model Pembelajaran Explicit Intruction Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Biologi

Elisabeth Edis (Universitas Patompo Makassar)
Eka Apriyanti (Universitas Patompo Makassar)
Ninah Wahyuni Amaliah (Universitas Patompo Makassar)



Article Info

Publish Date
20 Aug 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas VIII SMP Nahdiyat Makassar melalui penerapan model pembelajaran explisit instruction. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi  dan test akhir. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan ialah statistik deskriptif dengan dilengkapi tabel frekuensi serta presentase. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas VIII SMP Nahdiyat Makassar. Kegiatan penelitian dilakukan dalam dua siklus, setiap siklus diadakan empat kali pertemuan (tiga kali pertemuan proses belajar mengajar dan satu kali pertemuan test hasil belajar) serta melalui empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, refleksi. Berdasarkan hasil penelitian dan seluruh pembahasan serta analisis yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Explicit Instruction dapat Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VIII SMP Nahdiyat Makassar yang ditandai dengan peningkatan nilai rata-rata siswa pada siklus I sebesar 64,82 dan siklus II meningkat menjadi 77,85.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JJP

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Jendela Pendidikan merupakan jurnal ilmiah yang dikelola oleh CV. Jendela Edukasi Indonesia dan merupakan jurnal yang menerbitkan artikel-artikel penelitian di bidang pendidikan. Jurnal Jendela Pendidikan terbit 4 kali dalam satu tahun yaitu bulan Februari, Mei, Agustus, November. Kami ...