Jurnal Abadimas Gorontalo
Vol 5 No 2 (2022): Jurnal Abdimas Gorontalo (JAG), November 2022

PENINGKATAN LITERASI DIGITAL MULTIMEDIA VIDEO EDITING BAGI SISWA-SISWI SMAN 1 KAHAYAN TENGAH

Sutami Sutami (Ilmu Komputer Universitas Muhammadiyah Palangkaraya)
Muhammad Haris Qamaruzzaman (Ilmu Komputer Universitas Muhammadiyah Palangkaraya)
Amelia Faradila (Teknik Sipil Universitas Muhammadiyah Palangkaraya)
sam' ani (STMIK Palangkaraya)



Article Info

Publish Date
25 Nov 2022

Abstract

Pesatnya kemajuan dan keberadaan teknologi di tangan para generasi millenial tidak serta-merta menjadikan teknologi informasi dan komunikasi bermanfaat terutama bagi siswa menengah atas. Untuk itu perlu dilakukan berbagai kegiatan guna makin meningkatkan pengetahuan literasi digital para siswa-siswi menengah atas tentang pemanfaatan teknologi informasi salah satunya dalam bidang multimedia video editing khususnya bagi para siswa-siswi Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Kahayan Tengah. Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan di SMAN 1 Kahayan Tengah Kabupaten Pulang Pisau Kalimantan Tengah dan ditujukan bagi siswa-siswi kelas X dan XI. Metode pelaksanaan kegiatan terdiri dari persiapan, pelaksanaan dan pelaporan. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kompetensi siswa dalam hal literasi digital multimedia video editing. Manfaat dari kegiatan pengabdian ini adalah agar supaya para siswa-siswi memiliki pengetahuan dan pengalaman langkah demi langkah membuat multimedia video editing dengan aplikasi Adobe Premiere Pro dan AutoCAD. Kegiatan ini diikuti sekitar 50 peserta siswa-siswi kelas X dan XI. Para peserta sangat antusias dan juga aktif selama kegiatan berlangsung.

Copyrights © 2022