JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi)
Vol 9 No 1 (2022): JMBI UNSRAT Volume 9 Nomor 1

ANALISIS PENGGUNAAN JEJARING SOSIAL ONLINE MAHASISWA PRODI MANAJEMEN UK.MARANATHA

Kezia Kurniawati Nursalin (Universitas Kristen Maranatha)
Rully Arland Tjahyadi (Universitas Kristen Maranatha)
Allen Kristiawan (Universitas Kristen Maranatha)
Dewi Wisanty (Universitas Kristen Maranatha)



Article Info

Publish Date
04 Aug 2022

Abstract

AbstractGenerasi Z adalah generasi yang lahir di tengah era penggunaan komputer, internet dan smartphones, serta berkarakteristik sebagai pengguna teknologi digital dan media sosial dengan intensitas tinggi. Generasi ini memiliki pemikiran yang terbuka dan spontan dalam mengungkapkan apa yang dirasa dan dipikirkan. Perilaku belanja generasi Z pun berbeda dengan generasi sebelumnya, yakni generasi Z betul-betul memanfaatkan smartphone/gadget untuk mendapatkan produk atau jasa yang mereka inginkan. Media sosial seperti facebook, instagram atau twitter cenderung menjadi sarana untuk mendapatkan informasi dan menemukan produk atau jasa yang dicari generasi Z. Penelitian studi empiris ini membahas analisis penggunaan jejaring sosial online terhadap 161 responden mahasiswa prodi Manajemen Universitas Kristen Maranatha yang dilakukan secara deskriptif naratif. Hasil penelitian menjelaskan bahwa mahasiswa Program Studi Manajemen Universitas Kristen Maranatha yang merupakan bagian dari generasi Z, merupakan kelompok individu yang aktif menggunakan akun jejaring social online, mereka dapat membagikan informasi/ pengalaman mereka membeli produk/jasa serta mempengaruhi individu lainnya. Karakteristik ini dapat merepresentasikan penggunaan jejaring sosial online yang paling banyak digunakan oleh para mahasiswa sehingga Prodi Manajemen Universitas Kristen Maranatha dapat menggunakan jejaring sosial online tersebut sebagai sarana dalam menyampaikan informasi dan kegiatan kegiatan baik akademik maupun non akademik di lingkungan Universitas Kristen Maranatha.Keywords: Generasi Z, Jejaring Sosial Online.

Copyrights © 2022