Academic Journal of Computer Science Research (AJCSR)
Vol 4, No 2 (2022): Academic Journal of Computer Science Research (AJCSR)

Pembuatan Akta Berbasis Web dengan Menggunakan Metode SDLC Model Waterfall (Studi Kasus pada Kantor Notaris Abdul Aziz, SH., M.Kn)

Isral Isral (Institut Teknologi dan Bisnis Bina Sarana Global)
Zainul Hakim (Institut Teknologi dan Bisnis Bina Sarana Global)
Luh Ayu Novitasari (Institut Teknologi dan Bisnis Bina Sarana Global)



Article Info

Publish Date
29 Jul 2022

Abstract

Kantor Notaris Abdul Aziz, SH., M. KN merupakan lembaga yang bergerak pada bidang jasa yang resmi berdasarkan Keputusan Menteri Agraria / Kepala Badan Pertanahan Nasional, Sistem informasi Pembuatan Akta yang berjalan saat ini pada Kantor Notaris Abdul Aziz, SH., M. KN masih berjalan secara manual mulai dari penginputan data client dan pembuatan akta yang masih belum terkomputerisasi. Hal ini memerlukan waktu yang lama sehingga mengakibatkan pembuatan laporan tidak tepat waktu, Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk membuat sistem informasi pembuatan Akta berbasis web. Data penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan Metode Observasi, Wawancara, dan Literature Review, metode pengembangan sistem menggunakan metode SDLC model WATERFALL. Perancangan sistem menggunakan UML (Unified Modeling Language), yang diimplementasikan dalam bahasa pemrograman HTML dan PHP dengan Apache dan MYSQL. pengujian yang dilakukan menggunakan metode pengujian Black Box. Penerapan sistem komputerisasi berbasis Web yang diusulkan guna memberikan kemudahan dalam proses pembuatan Akta, penginputan hasil Pembuatan Akta dan memberikan informasi laporan secara up to date, serta meminimalisir terjadinya kesalahan dalam pembuatan laporan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

AJCSR

Publisher

Subject

Computer Science & IT Decision Sciences, Operations Research & Management Education

Description

The Academic Journal of Computer Science Research (AJCSR) is a peer-reviewed open access journal published twice a year (January and July), a scientific journal published by Institut Teknologi dan Bisnis Bina Sarana Global. The Ajcsr Journal (Academic Journal of Computer Science Research) aims to ...