Jurnal Real Riset
Vol 4, No 2 (2022): Juni 2022

PENGARUH BAURAN PEMASARAN DAN KREATIFITAS PRODUK TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN KERUPUK MULIENG DI KOTA BEUREUNUEN

Eka Agustina (Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Jabal Ghafur)
Darmi Darmi (Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Jabal Ghafur)
Tuti Rahmah (Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Jabal Ghafur)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh bauran pemasaran dan kreatifitas produk terhadap minat beli konsumen kerupuk mulieng di Kota Beureunuen. Untuk mengetahui variabel yang paling berpengaruh terhadap minat beli konsumen kerupuk mulieng di Kota Beureunuen. Dimana variabel independen yaitu Produk, Harga, Tempat, Promosi, Kreatifitas Produk dan Minat Beli (Y) sebagai variabel dependennya. Populasi dalam penelitian ini yaitu konsumen yang melakukan pembelian produk kerupuk mulieng di Kota Beureunuen sebanyak 80 orang. Sampel dalam penelitian ini ditetapkan 80 sampel yaitu konsumen yang melakukan pembelian produk kerupuk mulieng di Kota Beureunuen. Data yang dihimpun dalam penelitian ini terdiri dari data primer dan data sekunder, baik data kualitatif maupun data kuantitatif dan melalui kuesioner yang diisi oleh responden. Kemudian data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis regresi berganda. Analisis ini meliputi Uji Normalitas, Uji Multikolinearitas, Uji Heterokedastisitas Uji Asumsi Klasik, Uji Hipotesis melalui Uji F dan Uji t, serta analisis Koefisien Determinasi (R²). Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh persamaan regresi: Y =  1,353 + 0,191 X1 + 0,225 X2 + 0,217 X3+ 0,146 X4 + 0,224 X5. Hasil analisis berdasarkan uji t diketahui bahwa Variabel Produk (X1), Harga (X2), Tempat (X3), Promosi (X4) dan Kreatifitas Produk (X5) berpengaruh secara signifikan terhadap minat beli konsumen Kerupuk Mulieng Di Kota Beureunuen. Hasil analisis menunjukkan bahwa variabel harga (X2) mempunyai pengaruh paling dominan yaitu sebesar 0,225 atau 22,5 % minat beli konsumen Kerupuk Mulieng Di Kota Beureunuen. Hubungan antara variabel dependen dan independen yaitu masing-masing variabel produk (X1), harga (X2), tempat (X3), promosi (X4) dan kreatifitas produk (X5) terhadap minat beli konsumen Kerupuk Mulieng Di Kota Beureunuen dengan koefisien korelasi sebesar 0,993. Ini berarti hubungan tersebut sangat kuat. Koefisien determinasi variabel produk (X1), harga (X2), tempat (X3), promosi (X4) dan kreatifitas produk (X5) sebesar 0,9862 = 0,937, ini berarti terdapat pengaruh terhadap minat beli konsumen Kerupuk Mulieng Di Kota Beureunuen sebesar 93,7 %, sedangkan sisanya 6,3 % dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.Kata kunci: Bauran Pemasaran, Kreatifitas Produk, Minat Beli

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JRR

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Computer Science & IT Education Environmental Science Social Sciences

Description

Jurnal Real Riset (JRR) eISSN 2774-7263, pISSN 2685-1024, merupakan salah satu wadah mempublikasikan tulisan hasil penelitian bagi para dosen Universitas Jabal Ghafur dan peneliti lainnya diberbagai bidang ke ilmuan yang berasal dari berbagai Perguruan Tinggi Negeri dan Perguruan Tinggi Swasta ...