Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan hasil belajar IPA siswa kelas IV melalui model Learning Cycle. Metode yang digunakan dalam penelitian ini merupakan kuantitatif Quasi Eksperimental tipe Non-equivalent Pretest and Posttest Control-Group Design. Sampel dalam penelitian yaitu 45 siswa kelas IV SD yang terdiri dari 22 siswa di kelas eksperimen dan 23 siswa di kelas kontrol. Instrument pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar kognitif sebanyak 20 butir soal yang sudah memenuhi uji persyaratan validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan uji daya beda soal. Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan uji-t diperoleh nilai thitung = 10,972 sedangkan ttabel = 2,015 pada taraf signifikansi 5%, sehingga 10,972 2,015, maka dapat dinyatakan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar IPA siswa di kelas eksperimen menggunakan model Learning Cycledan di kelas kontrol dengan model konvensional.
Copyrights © 2022