JPKM: Jurnal Profesi Kesehatan Masyarakat
Vol 3, No 2: Oktober 2022

Gambaran Tingkat Pengetahuan tentang Fibroadenoma Mammae (FAM) dan Perilaku SADARI pada Wanita Usia Subur (WUS)

Siti Fadhila Sepfiani Adaming (Program Studi Keperawatan, Fakultas Kesehatan Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta)
Afi Lutfiyati (Program Studi Keperawatan, Fakultas Kesehatan Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
10 Nov 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah melihat gambaran tingkat pengetahuan tentang fibroadenoma mammae (FAM) dan perilaku SADARI pada Wanita Usia Subur (WUS) di organisasi Keluarga Pelajar Mahasiswa Indonesia Bolaang Mongondow cabang Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yaitu desain non-eksperimen dengan rancangan cross-sectional. Populasinya adalah WUS yang ada di organisasi Keluarga Pelajar Mahasiswa Indonesia Bolaang Mongondow cabang Yogyakarta, teknik pengambilan sampel dengan kuota sampling sebanyak 40 sampel. Alat pengambilan data menggunakan kuesioner pengetahuan FAM dan lembar observasi SADARI. Analisa data yang digunakan yaitu analisis univariat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, WUS yang ada di organisasi Keluarga Pelajar Mahasiswa Indonesia Bolaang Mongondow cabang Yogyakarta sebagian besar memiliki pengetahuan baik tentang FAM sebanyak 36 (90,0%) dan sebagian besar berada pada kategori kurang mampu melakukan SADARI sebanyak 28 (70,0%). Jadi dapat disimpulkan bahwa wanita usia subur di organisasi Keluarga Pelajar Mahasiswa Indonesia Bolaang Mongondow cabang Yogyakarta sebagian besar memiliki pengetahuan yang baik, akan tetapi untuk SADARI mayoritas kurang mampu melakukan SADARI.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpkm

Publisher

Subject

Dentistry Health Professions Medicine & Pharmacology Nursing Public Health Veterinary

Description

JPKM: Jurnal Profesi Kesehatan Masyarakat publishes articles on: - Promkes - K3 - Epidemiologi - Kesehatan Reproduksi - Biostatistik & Kependudukan - Gizi Masyarakat - AKK - ...