Indonesian Governance Journal (Kajian Politik-Pemerintahan)
Vol 5 No 2 (2022)

Kualitas Pelayanan Publik dalam Pengurusan Akta Pencatatan Sipil pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Tegal

Agrin Pram Setyaji (Pemerintah Kota Tegal)
Ida Hayu Dwimawanti (Universitas Diponegoro)
Harsono (Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan)



Article Info

Publish Date
20 Nov 2022

Abstract

Pelayanan Publik merupakan penyelenggara pemerintahan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat melalui birokrasi pelayanan publik. Penilaian pelaksanaan pelayanan publik oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi serta hasil Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) tahun 2020 menunjukkan bahwa Disdukcapil Kota Tegal tidak optimal. maka dari itu, penelitian akan mencoba melihat lebih dalam, bagaimana kualitas pelayanan publik di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Tegal, teruatama pada pengurusan Akta dengan beberapa indikator di atas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode analisis deskriptif, Teknik pengumpulan data Dalam penelitian ini melalui wawancara terstruktur dan tidak terstruktur dilakukan. Hasil menunjukkan, bahwah pelayanan public dari beberapa indikator yang ada masih sangat lemah, dan menghadapai banyak kendala. Butuh peningkayan baik dalam tata Kelola dan SDM pada kedinasan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

igj

Publisher

Subject

Humanities Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Good Governance; Decentralization and Regional Autonomy; Public Policy;Local Politic; Public Management and Governance; Resolution Conflict; General ...