JOELS: Journal of Election and Leadership
Vol. 3 No. 2 (2022): JOELS : Journal of Election and Leadership

Studi Dampak Branding Kandidat Terhadap Hasil Pilgubri 2018

Amri Hakim (Universitas Abdurrab, Pekanbaru, Indonesia)
M. Ichsan Kabullah (Universitas Andalas, Padang, Indonesia)
Fauzan Misra (Universitas Andalas, Padang, Indonesia)
Sudarmoko Sudarmoko (Universitas Andalas, Padang, Indonesia)
Fajri Rahman (Universitas Andalas, Padang, Indonesia)
Apriwan Apriwan (Universitas Andalas, Padang, Indonesia)
Hendri Koeswara (Universitas Andalas, Padang, Indonesia)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2022

Abstract

Artikel ini bertujuan menganalisis pembangunan brand kandidat pada Pilgubri 2018 dan dampaknya terhadap hasil perolehan suara. Dengan menggunakan Model Branding Politik dari Downer dan metode interpretatif ditemukan bahwa Syamsuar sebagai pemenang membangun brand politiknya berdasar pada brand equity mayoritas pemilih rasional bahwa dia berpengalaman, dan lebih baik dalam membangun Riau yang merupakan perwujudan dari strategi berorientasi pasarnya, sementara itu Andi Rachman, calon petahana yang tingkat kepuasan publiknya di bawah batas ideal, tidak merubah brand politiknya untuk menarik pemilih, begitu juga dengan Lukman Edy dan Firdaus yang sama-sama menggunakan strategi berorientasi produk dan penjualan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

joels

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

The main focus is leadership topics, with interests in political participation, organizational behavior, human resource management, strategy, international management, and ...