Environmental Pollution Journal
Vol. 2 No. 1: April 2022

Strategi Komunikasi ECOTON dalam Mendapatkan Donatur Melalui Program Crowdfunding di Kitabisa.com

Prasetyo, Dio (Unknown)
Fitriyani, Nurul (Unknown)
Bagus Cahyo Shah Adhi Pradana (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Nov 2022

Abstract

Kehadiran media baru telah memasuki setiap segi kehidupan kita bahkan tidak dipungkiri bahwa dengan adanya media baru cara kita berinteraksi dengan orang lain pun berubah. Kini masyarakat pun dapat melakukan penggalangan dana dengan mudah dan cepat. Mereka dapat menyumbang secara online kapan saja melalui platform-platform yang ada. Hal ini disebut dengan Crowdfunding. Crowdfunding merupakan bentuk penggalangan dana yang melibatkan banyak orang yang dilakukan secara online dan menggunakan platform atau media sosial sebagai alat menjangkaunya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi yang di lakukan LSM ECOTON untuk mendapatkan donatur melalui crowdfunding di Kitabisa.com. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan kuisioner sebagai riset awal. Pada penelitian ini menggunakan Konsep Strategi Komunikasi Public Relations menurut Scott. M. Cutlip. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ECOTON sebagai LSM telah melakukan 1. mengidentifikasi masalah Public Relations 2. Melakukan Perencanaan dan Pemrograman 3. Aksi pengambilan tindakan & komunikasi 4. Evaluasi.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

epj

Publisher

Subject

Humanities Chemistry Engineering Environmental Science Law, Crime, Criminology & Criminal Justice

Description

Environmental Pollution Journal adalah jurnal yang dapat diakses secara terbuka yang dipublikasikan oleh ECOTON Foundation. Jurnal ini bertujuan untuk mengintegrasi penelitian terkini terkait pencemaran lingkungan baik di Indonesia maupun di berbagai negara. Output yang didapatkan tidak hanya untuk ...