Pendidikan mempunyai peran dalam membangun ahklak pada manusia, karena pendidikan merupakan sarana untuk membentuk sumber daya manusia yang lebih baik. Pendidikan akhlak mempurnyai peran penting dalam proses pembentukan karakter. Pendidikan akhlak merupakan tujuan dari pendidikan pendidikan islam, sehingga setiap aspek proses pendidikan Islam selalu dikaitkan dengan pembinaan akhlak yang mulia. Dalam pendidikan akhlak dari pemerikiran KH. Hasyim Asy’ari tercantum dalam karya beliau Adab Alim Wal Muta’alim yang membahas peran akhlak dalam proses pendidikan. Penilitian ini merupakan metode library research (studi kepustakaan) dengan menggunakan literatur (kepustakaan), baik berupa buku, jurnal, catatan, maupun laporan hasil penelitian dan penelitian terdahulu yang kemudian dikumpulkan sebagai sumber penelitan sehingga menjadi analisa secara deskriptif. Hasil dari penelitian ini memaprakan relevansi pendidikan akhlak melalui pempikiran KH. Hasyim Asy’ari dari beberapa aspek yakni khusyu’, bersikap wira’i, berperilaku zuhud (rendah hati), berperilaku tawadhu’, berperilaku saling sayang antar sesama, berperilaku sabar, memanfaatkan waktu, menghindari hal-hal maksiat, dan intropeksi serta muhasabah diri. Pemikiran tersebut dapat digunakan dalam dunia pendidikan sebagai standar pandang mengenai persoalan etika dan akhlak pendidik, tenaga kependidikan, dan peserta didik serta panduan pengembangan kelembagaan Pendidikan Islam, terutama persoalan Akhlak peserta didik.
Copyrights © 2022