EL-HIKMAH
Vol 8, No 2 (2014): Desember

Dikotomi Pendidikan Islam: Akar Historis dan Dikotomisasi Ilmu

Asyari, Akhmad ( Jurusan PAI FITK IAIN Mataram)
Makruf, Rusni Bil ( Jurusan PAI FITK IAIN Mataram)



Article Info

Publish Date
18 Dec 2014

Abstract

Abstrak: Pemisahan ilmu agama dan non-agama atau apa yangdisebut dikotomisasi ilmu dalam wacana pendidikan Islam telahmenimbulkan banyak perdebatan di kalangan tokoh pendidikanIslam. Sebagian tokoh medukung penuh sistem dikotomi dansebagian menolak keras adanya dikotomi. Tulisan ini bertujuanuntuk mengurai akar historis dikotomisasi pendidikan Islam. Hasiltemuan ini menunjukkan bahwa Islam sangat menganjurkaneksplorasi ilmu pengetahuan dengan tidak memisahkan danmempertentangkan antara ilmu agama dan ilmu non agama.Dalam Islam, tidak ada pendikotomian ilmu, yang ada hanyalahpengklasifikasian ilmu, akan tetapi pada praktiknyapengklasifikasian ilmu tersebut salah diartikan oleh banyakkalangan masyarakat muslim itu sendiri.

Copyrights © 2014