Abstrak - Pandemi COVID-19 mempengaruhi pandangan masyarakat terhadap bidang usaha menggunakan media online yang semakin berkembang seiring dengan berkembangnya internet di Indonesia.Terlebih lagi kebijakan pemerintah yaitu pembatasan sosial berskala besar yang membuat perusahaan e-commerce diminta untuk menciptakan website yang efektif dan memikat konsumen, karena faktor utama dan paling penting yaitu kepercayaan dan manfaat yang dirasakan, hal tersebut yang akan mempengaruhi nilai kualitas informasi website yang diterima dan juga niat beli para konsumen. Banyaknya platform e-commerce yang ada membuat sulitnya masyarakat memilih dan menentukan e-commerce yang terbaik. Oleh karena itu dilakukan penelitian ini dengan tujuan sebagai rekomendasi e-commerce terbaik dengan menggunakan metode SAW. Adapun kriteria yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitas informasi dan kualitas keamanan, kualitas interaksi pelayanan, design ui&ux, dan update pembaharuan. Didukung oleh data yang diperoleh dari hasil kuisioner yang telah disebarkan sehingga didapatkan data yang valid. Hasil akhir yang diperoleh dengan perhitungan metode Simple Additive Weighting membuktikan bahwa Shopee menduduki peringkat pertama dengan nilai 20.1, peringkat ke dua Blibli dengan nilai 8.225, peringkat ke tiga Tokopedia dengan nilai 3.372, peringkat selanjutnya diduduki oleh Lazada dengan nilai 3.155, Bukalapak dengan nilai 0.925, dan teakhir Jd.id dengan nilai 0.91.Kata Kunci: E-Commerce, Simple Additive Weighting, Sistem Pendukung Keputusan. Abstract - The COVID-19 pandemic has affected the public's view of the business sector using online media which is increasingly developing along with the development of the internet in Indonesia. Moreover, the government's policy is large-scale social restrictions that have forced e-commerce companies to create websites that are effective and attract consumers, due to factors such as The main and most important is trust and perceived benefits, these things will affect the value of the quality of website information received and also the purchase intention of consumers. The number of existing e-commerce platforms makes it difficult for people to choose and determine the best e-commerce. Therefore, this research was carried out with the aim of being the best e-commerce recommendation using the SAW method. The criteria used in this study are information quality and security quality, service interaction quality, UI&ux design, and update updates. Supported by data obtained from the results of questionnaires that have been distributed so that valid data are obtained. The final result obtained by calculating the Simple Additive Weighting method proves that Shopee is ranked first with a value of 20.1, Blibli is ranked second with a value of 8,225, Tokopedia is in third place with a value of 3,372, Lazada is ranked next with a value of 3,155, Bukalapak with a value of 0.925, and finally Jd.id with a value of 0.91.Keywords: E-Commerce, Simple Additive Weighting, Decision Support System.
Copyrights © 2022