Prosiding Seminar Nasional Universitas Serambi Mekkah
Vol 3, No 1 (2022): SEMNAS MULTIDISIPLIN ILMU

Pemberdayaan Keterampilan Usaha Bagi UMKM dalam Upaya Peningkatan Pendapatan Masyarakat Desa Tanjung Mulia

Nel Arianty (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Nov 2022

Abstract

Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) memiliki peranan yang sangat penting di dalam perekonomian Indonesia. Sektor UMKM ini juga memberikan peluang kerja bagi masyarakat sekitarnya. Melalui kegiatan ini penulis bersinergi bersama aparat desa untuk melakukan pengembangan UMKM sebagai potensi ekonomi desa di Desa Tanjung Mulia. Berdasarkan hasil wawancara dan observasi, UMKM pada desa ini masih memiliki banyak problematika yang mengiringi terutama dalam hal product branding dan social media marketing. Adapun tujuan kegiatan ini adalah untuk melakukan pemberdayaan serta melakukan strategi yang berfokus pada pembuatan brand produk agar konsumen dapat mengetahui identitas produk. Selain itu untuk mempeluas pangsa pasar dengan cara memperkenalkan social media marketing pada pelaku UMKM di Desa Tanjung Mulia. Dengan melakukan strategi ini diharapkan dapat memberdayakan produk UMKM. Hasil yang diperoleh dari kegiatan pemberdayaan ini adalah menciptakan spirit kepada para pelaku UMKM untuk terus berinovasi dan melakukan konsistensi dalam mengembangkan usahanya. Kata Kunci: Pemberdayaan; UMKM; Product Branding; Social Media Marketing

Copyrights © 2022