Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pembelajaran daring pada masa pandemi Covid-19 pada mata pelajaran produktif di kelas XI Teknik Kendaraan Ringan Otomotif (TKRO) SMK Negeri 2 Wonosari yang meliputi aspek perencanaan implementasi pembelajaran daring, pelaksanaan implementasi pembelajaran daring, mengetahui hambatan pembelajaran daring dari perspektif guru dan peserta didik, dan mengetahui solusi guru dalam menghadapi pembelajaran daring. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Teknik pengambilan data dengan menggunakan angket. Hasil penelitian menunjukan: (1) aspek perencanaan guru dalam pembelajaran daring pada kategori sangat baik; (2) aspek pelaksanaan pembelajaran dari persepsi guru pada kategori sangat baik sedangkan pelaksanaan pembelajaran daring dari persepsi peserta pada kategori baik; (3) hambatan pembelajaran daring dari persepsi guru dalam kategori tidak ada hambatan. Hambatan pembelajaran daring dari persepsi peserta didik dalam kategori kurang ada hambatan; (4) solusi untuk mengatasi hambatan dalam memeriksa pekerjaan peserta didik dengan menggunakan aplikasi online yang bisa mengolah hasil penilaian secara otomatis seperti halnya google form, kemudian solusi untuk menangani kesulitan peserta didik dalam memahami materi dengan menambahkan video yang mendukung materi yang di berikan.
Copyrights © 2022