cover
Contact Name
Ibnu Siswanto
Contact Email
ibnusiswanto@uny.ac.id
Phone
+6281392799699
Journal Mail Official
jpvo@uny.ac.id
Editorial Address
Karangmalang, Caturtunggal, Depok, Sleman, DIY
Location
Kab. sleman,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Vokasi Otomotif
ISSN : 26554879     EISSN : 26552132     DOI : https://doi.org/10.21831/jpvo.v3i1
Jurnal Pendidikan Vokasi Otomotif dipublikasikan dua kali dalam setahun pada bulan Mei dan November oleh Jurusan Pendidikan Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Vokasi Otomotif bertujuan untuk mempromosikan secara komprehensif kajian teoritik dan empirik dalam bidang keilmuan Pendidikan, Teknologi, dan Teknik Otomotif.
Articles 87 Documents
KARAKTERISTIK MAHASISWA BIDIK MISI PENDIDIKAN TEKNIK OTOMOTIF Yoga Guntur Sampurno; Ibnu Siswanto; Yosep Efendi
Jurnal Pendidikan Vokasi Otomotif Vol 1, No 1 (2018): (November)
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jpvo.v1i1.21779

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan karakteristik dan prestasi mahasiswa bidik misi di  jurusan  Pendidikan  Teknik  Otomotif,  Fakultas  Teknik  Universitas  Negeri  Yogyakarta.  Subjek penelitian  adalah  mahasiswa  bidik  misi  (S1  dan  D3)  angkatan  2012/2013  dan  2013/2014. Pengumpulan  data  menggunakan  angket  dan  dokumentasi  pencapaian  prestasi  belajar  mahasiswa. Hasil  penelitian  menunjukkan  bahwa  mahasiswa  bidik  misi  memiliki  sikap,  minat,  dan  motivasi belajar  yang  baik.  Rerata  prestasi  mahassiwa  bidik  misi  juga  lebih  baik  dibandingkan  dengan mahasiswa  regular  walaupun  terdapat  juga  mahasiswa  yang  memiliki  prestasi  yang  kurang. Mahasiswa-masahsiswa tersebut perlu mendapatkan perhatian dan pembinaan dari dosen supaya tidak tertinggal dibandingkan teman-teman mahasiswa satu angkatan.Kata kunci: Sikap belajar, Minat belajar, Motivasi belajar, Prestasi, Bidik misiPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan karakteristik dan prestasi mahasiswa bidik misi di  jurusan  Pendidikan  Teknik  Otomotif,  Fakultas  Teknik  Universitas  Negeri  Yogyakarta.  Subjek penelitian  adalah  mahasiswa  bidik  misi  (S1  dan  D3)  angkatan  2012/2013  dan  2013/2014. Pengumpulan  data  menggunakan  angket  dan  dokumentasi  pencapaian  prestasi  belajar  mahasiswa. Hasil  penelitian  menunjukkan  bahwa  mahasiswa  bidik  misi  memiliki  sikap,  minat,  dan  motivasi belajar  yang  baik.  Rerata  prestasi  mahassiwa  bidik  misi  juga  lebih  baik  dibandingkan  dengan mahasiswa  regular  walaupun  terdapat  juga  mahasiswa  yang  memiliki  prestasi  yang  kurang. Mahasiswa-masahsiswa tersebut perlu mendapatkan perhatian dan pembinaan dari dosen supaya tidak tertinggal dibandingkan teman-teman mahasiswa satu angkatan.Kata kunci: Sikap belajar, Minat belajar, Motivasi belajar, Prestasi, Bidik misi
HUBUNGAN KOMPETENSI MENCARI SUMBER BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN TEKNIK OTOMOTIF FT UNY Kir Haryana; Tawardjono Us; Tafakur Tafakur
Jurnal Pendidikan Vokasi Otomotif Vol 1, No 1 (2018): (November)
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jpvo.v1i1.21780

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui kompetensi mahasiswa dalam mencari sumber belajar; 2) mengidentifikasi jenis sumber belajar yang dicari dan digunakan mahasiswa; 3) mengetahui jenis sumber belajar paling diminati dan digunakan mahasiswa; 4) mengetahui kaitan antara sumber belajar yang digunakan dengan prestasi belajar mahasiswa. Penelitian ini merupakan penelitian survey. Sampel penelitian sebanyak 143 mahasiswa diambil secara simple random sampling dari 376 populasi mahasiswa Jurusan Pendidikan Teknik Otomotif yang terdaftar pada tahun perkuliahan 2014/2015. Pengumpulan data menggunakan angket/kuesioner, dokumentasi hasil studi mahasiswa, dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan analisis Chi-Kuadrat. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Kompetensi mahasiswa dalam mencari sumber belajar dalam kondisi yang cukup. Namun aspek kepemilikan sumber belajar dalam kondisi rendah; 2) Jenis sumber belajar yang dicari dan digunakan mahasiswa dalam bentuk: bahan (89,5 3), pesan (84,35), peralatan (77,00), lingkungan (75,47), orang (73,56), dan pendekatan (69,48); 3) Jenis sumber belajar paling diminati berbentuk bahan; 4) Terdapat kaitan antara sumber belajar yang digunakan dengan prestasi belajar mahasiswa. Kata kunci: Kompetensi, Sumber belajar, Prestasi belajar
IMPLEMENTASI KARAKTER KERJA BERBASIS BUDAYA KERJA DI INDUSTRI OTOMOTIF PADA MAHASISWA PESERTA KULIAH TEKNOLOGI PEMBENTUKAN DASAR DI JURUSAN PENDIDIKAN TEKNIK OTOMOTIF FT UNY Sudiyanto Sudiyanto; Amir Fatah; Mohkamad Wakid
Jurnal Pendidikan Vokasi Otomotif Vol 1, No 1 (2018): (November)
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jpvo.v1i1.21781

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menerapkan karakter kerja berbasis budaya kerja di industri otomotif untuk meningkatkan partisipasi dan prestasi belajar peserta didik mata kuliah Teknologi Pembentukan Dasar (TPD) di Jurusan Pendidikan Teknik Otomotif FT UNY. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian adalah satu rombongan belajar yang mengambil mata kuliah TPD. Penerapan penelitian dilakukan pada  kelompok  kerja  las  listrik.  Penelitian  menggunakan  model  spiral.  Siklus penelitian direncanakan sampai   partisipasi mahasiswa dan prestasi belajar praktik mencapai 80%. Pengumpulan  data  dilakukan  melalui  observasi  dan  penilaian  hasil  kerja praktik.  Analisis data menggunakan metode statistik tendensi  sentral (rerata).  Hasil penelitian menerapkan karakter kerja berbasis budaya kerja di industri otomotif mampu meningkatkan prestasi kerja praktik, baik dalam peningkatan produk kerja praktik, yang terkait waktu dan kualitas hasil praktik. Namun partisipasi belajar praktik terutama pada aspek menanya semakin berkurang, hal ini disebabkan karena penerapan disiplin kerja sebagai budaya kerja di industri ini mampu mendongkrak perhatian dan fokus praktikan dalam bekerja.Kata kunci: karakter kerja, budaya kerja, pembelajaran praktik
KONSEP MODIFIKASI UNTUK MENINGKATKAN DAYA MESIN SEPEDA MOTOR Nirmala Adhi Yoga Pambayun; Sukoco Sukoco; Wardan Suyanto; Sudarwanto Sudarwanto
Jurnal Pendidikan Vokasi Otomotif Vol 1, No 1 (2018): (November)
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jpvo.v1i1.21782

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk, (1) Mengetahui peningkatan daya mesin sepeda motor 4 langkah dengan sistem bahan bakar karburator setelah dimodifikasi, (a) volume mesin (cc); (b) perbandingan kompresi mesin; (c) mekanikal katup; (d) sistem pemasukan (intake); (e) sistem pembuangan (exhaust); (2) Mengetahui emisi gas buang mesin setelah dimodifikasi apakah masih masuk dalam ambang batas emisi yang ditetapkan pemerintah. Penelitian ini merupakan penelitian research and development. Subjek penelitian ini adalah mesin sepeda motor 4 langkah dengan sistem bahan bakar karburator. Alat yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah dynotest dan exhaust gas analyzer. Data hasil pengujian dianalisis dengan statistik diskriptif berupa rata-rata dan persentase (%) serta regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan, (1) Daya mesin meningkat sebesar 151 % dari 5,8 HP/6063 rpm menjadi 14,6 HP/10.171 rpm; (2) Emisi gas buang mesin setelah modifikasi masih masuk dalam ambang batas emisi yang ditetapkan pemerintah yakni HC 815 ppm dan CO 3.306 % dengan ambang batas HC  2400 ppm dan CO 5.5 %.Kata Kunci: Modifikasi, Daya, Emisi
PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS IT TERHADAP AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA SMK BIDANG OTOMOTIF DI SLEMAN DAN YOGYAKARTA Amir Fatah; Sudiyanto Sudiyanto
Jurnal Pendidikan Vokasi Otomotif Vol 1, No 1 (2018): (November)
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jpvo.v1i1.21783

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui apakah aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran menggunakan media berbasis IT lebih tinggi dari pada pembelajaran yang menggunakan media non IT. Penelitian ini termasuk penelitian Quasi eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Perlakuan berupa penggunaan media berbasis IT dan media non IT untuk pembelajaran Sistem Kelistrikan, Chasis, dan Las Cair Busur Listrik Elektroda Terbungkus. Subyek penelitian diambil dari siswa SMK kelas XI dari tiga sekolah.di Kabupaten Sleman dan Kota Magelang. Setiap  sekolah diambil dua rombongan belajar sebagai kelas eksperimen dan kelas control. Penetuan subyek penelitian dilakukan secara propursive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan post test dan observasi. Validasi instrumen dilakukan oleh pakar Perguruan Tinggi dan SMK. Analisis data dilakukan secara deskriptif dan Uji Jenjang Wilconxon. Hasil penelitian menujukkan rerata aktivitas belajar siswa selama mengikuti pembelajaran pada kelas kontrol (dengan media berbasis non IT) antara cukup-baik (skore 67.00; 74.25, dan 63.13), sedangkan pada kelas eksperimen(dengan media berbasis IT) termasuk baik (skore 74.50; 73.25; dan 75.00). Penggunaan media berbasis IT dalam pembelajaran tidak semua dapat membuat aktivitas dan prestasi belajar siswa lebih tinggi dari pada kelas yang menggunakan media berbasis non IT.Kata kunci: Media Berbasis IT, Aktivitas Belajar, Prestasi Belajar
PERANAN PROGRAM PELATIHAN DALAM MEMANTAPKAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU SMK TKR Kir Haryana; Nirmala Adhi Yoga Pambayun; Lilik Chaerul Yuswono; Sukaswanto Sukaswanto
Jurnal Pendidikan Vokasi Otomotif Vol 1, No 1 (2018): (November)
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jpvo.v1i1.21784

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengidentifikasi pelatihan keahlian yang diikuti guru; (2) Menganalisis dampak pelatihan; (4) Mengetahui pelatihan yang diinginkan guru; (5) Mengidentifikasi kendala dalam pelatihan keahlian. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian survey. Populasi penelitian adalah guru paket keahlian TKR di DIY, sampel ditentukan dengan teknik sampling purposive. Instrumen yang digunakan adalah lembar kuesioner dan dokumentasi. Data dianalisis dengan statistik diskriptif. Hasil penelitian menunjukkan, (1) Terdapat 12 jenis pelatihan yang diikuti guru; (2) Dampak pelatihan masuk dalam kategori sangat baik; (3) Pelatihan yang paling diinginkan guru adalah pelatihan Electronic Fuel Injection (EFI); (4) Kendala dalam pelatihan bidang keahlian keduanya masuk dalam kategori rendahKata Kunci: Pelatihan, Dampak, Kompetensi Profesional
PROFIL KOMPETENSI PRODUKTIF SISWA SMK TKR DALAM RANGKA SERTIFIKASI KEAHLIAN UNTUK PERSAINGAN GLOBAL Muhkamad Wakid; Tafakur Tafakur
Jurnal Pendidikan Vokasi Otomotif Vol 1, No 1 (2018): (November)
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jpvo.v1i1.21785

Abstract

Diberlakukannya Masyarakat Ekonomi ASEAN menuntut kesiapan dan pengakuan kompetensi tenaga kerja untuk menghadapi persaingan bebas. Di Indonesia, pemerintah menargetkan peningkatan jumlah penyelenggaraan SMK untuk menyiapkan lulusan yang siap kerja. Namun faktanya pengangguran lulusan SMK masih tinggi, meskipun banyak sekolah telah melakukan uji kompetensi serta program sertifikasi bagi lulusannya. Untuk melihat uji kompetensi di SMK, perlu diketahui materi uji, asesor, hasil uji, serta sertifikasinya. Penelitian survei dilakukan pada SMK Negeri Paket Keahlian Teknik Kendaraan Ringan (TKR) di DIY. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Materi uji kompetensi TKR memiliki 2 model. Model 1 menggunakan 4 soal uji, sedangkan model 2 menggunakan 8 soal, (2) Asesor terdiri dari pihak internal guru produktif dan penguji eksternal dari industri jasa servis kendaraan dan balai latihan kerja. Hasil Uji dilihat dari nilainya sangat baik, namun belum mencerminkan kompetensi sebenarnya. Siswa yang lulus uji mendapatkan sertifikat dari SMK bekerjasama dengan mitranya, yaitu bengkel servis kendaraan, MPKD, dan BLK.Kata kunci: Uji kompetensi, Sertifikasi
PENGUATAN KARAKTER MANDIRI, DISIPLIN, KERJASAMA DAN KREATIF (“MARIKERJA KREATIF”) MELALUI LESSON STUDY PADA PEMBELAJARAN TEKNOLOGI SEPEDA MOTOR Yosep Efendi; Sudarwanto Sudarwanto
Jurnal Pendidikan Vokasi Otomotif Vol 1, No 1 (2018): (November)
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jpvo.v1i1.21786

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi karakter yang relevan, menguatkan karakter dan mengetahui pengaruh penguatan karakter “MARIKERJA Kreatif” (Mandiri, Disiplin, Kerjasama dan Kreatif) terhadap motivasi kewirausahaan mahasiswa. Penelitian ini dilakukan di Jurusan Pendidikan Teknik Otomotif FT UNY. Metode penelitian dengan lesson studi pendekatan Project Based Learning. Pengumpulan  data  dilakukan  melalui  observasi  dan  data dianalisis menggunakan metode statistik deskriptif. Hasil penelitian ini adalah (1) kompetensi Perawatan dan Perbaikan Sistem Bahan Bakar relevan untuk penguatan karakter mandiri. Karakter Mandiri dikuatkan pada kompetensi sistem pelumasan dan pembuatan laporan praktikum. Karakter kerjasama dikuatkan pada kompetensi mekanisme Katup sedangkan karakter kreatif dikuatkan pada overhaul mesin dan penyusunan rencana bisnis bengkel sepeda motor. (2) Karakter Mandiri, Disiplin, Kerjasama dan Kreatif (MARIKERJA Kreatif) dapat dikuatkan dalam kompetensi Tune Up Sepeda Motor. (3) Lesson study dapat menguatkan karakter kerjasama (0,86 poin), kedisiplinan (0,75 poin), kemandirian (0,86 poin) dan kreatifitas (1,5 poin ). (4) Kegiatan Lesson Studi berbasis penumbuhan karakter dengan tema “MARIKERJA Kreatif” ini dapat menumbuhkan jiwa kewirausahaan mahasiswa.Kata kunci: mandiri, disiplin, kerjasama, kreatif, kewirausahaan
KESADARAN BERLALU LINTAS MAHASISWA PENDIDIKAN TEKNIK MESIN UNIVERSITAS SARJANAWIYATA TAMANSISWA YOGYAKARTA Rabiman Rabiman; Nurcholish Arifin Handoyono
Jurnal Pendidikan Vokasi Otomotif Vol 1, No 2 (2019): (Mei)
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jpvo.v1i2.24029

Abstract

This study aimed to determine:  1) The level of safety riding for students of Mechanical Engineering Education; and 2) The level of eco riding for students of Mechanical Engineering Education. The type of research used is descriptive. The research population was all students of Mechanical Engineering Education at The Faculty of Teacher Training and Education at Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa. The sample was taken using the Stratified random sampling technique which found 199 students. The instrument used is a multiple choice test to measure the level of safety riding and the level of eco riding. The data analysis technique uses descriptive statistics. The result results showed that: 1) The level of safety riding for students of Mechanical Engineering Education was categorized very hight with an average value of 24,78; and 2) 1) The level of eco riding for students of Mechanical Engineering Education was categorized very hight with an average value of 6,85.
PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PEKERJAAN DASAR OTOMOTIF (PDO) KELAS X DENGAN METODE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) di SMK N 3 YOGYAKARTA Sujiyanto Sujiyanto
Jurnal Pendidikan Vokasi Otomotif Vol 1, No 2 (2019): (Mei)
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jpvo.v1i2.24134

Abstract

This study aimed to improve students’ participation and learning achievement using Students Team Achievement Division (STAD) on the Basic Automotive course. This classroom action research was performed consisting of three cycles. Each cycle consisted of planning, action, observation, and reflection.  There were 31 students from SMK Negeri 3 Yogyakarta selected as participants for the study. Data were collected using observation sheet and test at the beginning and end of classroom activities. The results of this study indicated that implementing STAD method can improve students’ learning outcomes. There were seventy percent or more (≥ 70%) students actively participated in the classroom activities. Furthermore, there were eighty percent or more (≥ 80%) students reached higher score than the minimum requirement for their test.