Jurnal Aksioma Ad Diniyah : The Indonesian Journal of Islamic Studies
Vol 10, No 2 (2022)

Upaya Guru Dalam Peningkatan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Fiqih Dengan Menggunakan Metode Jigsaw Pada Siswa Kelas Vii Pondok Pesantren Daar El-Qolam 4 Gintung, Jayanti, Tanggerang, Banten

Pupu Mahpudin (STAI La Tansa Mashiro)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2022

Abstract

Berhasil atau tidaknya suatu pendidikan, salah satunya adalah karena guru. Maka guru merupakan komponen yang menentukan dalam sistem pendidikan secara keseluruhan. Maka dari itu guru harus pandai memilih metode pembelajaran yang tepat dan sesuai dengan yang di butuhkan anak didik supaya anak didik merasa senang dalam belajar saat kita mengajar. Guru yang baik adalah guru yang bisa membuat siswa nyaman dan senang ketika belajar di kelas.  Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan dua siklus yang dilaksanakan pada siswa kelas VII MTs Pondok Pesantren Daar el-Qolam 4. Siklus I, dan siklus II terdiri atas perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Berdasarkan analisis data penelitian, dapat disimpulkan bahwa menggunakan metode Jigsaw siswa dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami pelajaran fiqih.  Pada siklus I, diperoleh nilai rata-rata sebesar 56,28. Dari 35 siswa, ada 15 siswa yang mencapai nilai antara 35-45 yang berkatagori belum tuntas atau 43%. Dan sebanyak 20 siswa yang dapat nilai antara 50-80 yang berkatagori tuntas atau 57%.  Pada siklus II  dari 35 siswa ada 35 siswa yang mencapai nilai antara 60-85 yang berkatagori tuntas atau 100% dari siklus I ke siklus II meningkat sebesar 17% dari rata-rata siklus I yaitu menjadi 73,57, Penerapan metode Jigsaw juga memberi perubahan terhadap perilaku belajar siswa ke arah yang positif. Berdasarkan hasil penelitian dan temuan dapat disimpulkan bahwa menggunakan metode Jigsaw bisa meningkatkan pemahaman siswa.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JAD

Publisher

Subject

Religion Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Aksioma Ad-Diniyyah ini dikelola Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) STAI La Tansa Mashiro Rangkasbitung, Lebak, Banten. Jurnal ini merupakan perubahan dari Jurnal Al-Hadloroh (ISSN 2067-5606). Sejak Volume 1 Nomor 1 Maret 2013, sebagai terbitan perdana, berkala ini berganti nama ...