Journal of Animation & Games Studies
Vol 8, No 2 (2022): Oktober 2022

Game Onet Anak Kewan Sebagai Media Pengenalan Nama-Nama Anak Hewan dalam Bahasa Jawa

Biansa Akmil Fata (Sekolah Tinggi Multi Media "MMTC" Yogyakarta)
Tri Anggraeni (Sekolah Tinggi Multi Media "MMTC" Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
30 Oct 2022

Abstract

Saat ini banyak orang di Pulau Jawa yang tidak lagi menggunakan Bahasa Jawa atau lebih menggunakan Bahasa Indonesia. Muncul kekhawatiran Bahasa Jawa akan semakin ditinggalkan. Bahasa Jawa dapat dikenalkan, diajarkan, atau disosialisasikan dengan game. Hal ini mendorong perlu dibuatnya game “Onet Anak Kewan”. Penciptaan game ini dilakukan melalui 3 tahap, yaitu pra-poduksi, produksi, dan pasca produksi. Game ini memuat materi yang berisi pengenalan nama-nama anak hewan dalam Bahasa Jawa yang disampaikan dengan bentuk teks, visual, audio, dan gameplay. Dalam game ini, pemain harus mengeklik kartu anak dan induk hewan yang bersesuaian hingga semua kartu terklik. Terdapat 3 stage yang dibuat berdasarkan jenis makanan hewan: herbivora, karnivora, dan omnivora. Hasil uji coba menunjukkan bahwa game ini dapat menjadi media pengenalan dan media bantu untuk menghafalkan nama-nama anak hewan dalam Bahasa Jawa. Dengan adanya game ini, diharapkan pengenalan Bahasa Jawa dapat menjadi lebih menarik dan dilakukan oleh lebih banyak orang.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jags

Publisher

Subject

Arts Humanities Computer Science & IT Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Journal of Animation & Games Studies (JAGS) merupakan jurnal interdisipliner mengenai perkembangan riset, rekayasa cipta, studi pustaka maupun kajian di bidang animasi dan game yang termasuk dalam ranah seni terapan media ...