Analisis Tindak Tutur Imperatif dalam Pembelajaran Bahasa Daerah Kelas VIII SMP Negeri 1 Tarowang. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk tindak tutur dan wujud tuturan imperatif guru dan siswa dalam pembelajaran bahasa daerah kelas VIII SMP Negeri 1 Tarowang dengan menggunakan panduan teori Kunjana Rahardi. Analisis dalam penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah teknik observasi, teknik rekam video, teknik catat, dan teknik domumentasi serta teknik simak. Analisis cara mengamati, merekam, mengklarifikasi, dan mengelompokkan data yang diperoleh. Kemudian menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk tindak tutur dan wujud tuturan imperatif yang diperoleh terdiri dari sebelas yaitu 1) imperatif perintah sembilan wujud tuturan, 2)imperatif suruhan empat wujud tuturan, 3) imperatif permintaan enam wujud tuturan, 4) imperatif desakan lima wujud tuturan, 5) imperatif bujukan dua wujud tuturan, 6) imperatif ajakan tiga wujud tuturan, 7) imperatif mengizinkan tiga wujud tuturan, 8) imperatif larangan enam wujud tuturan, 9) imperatif harapan dua wujud tuturan, 10) imperatif pemberian ucapan selamat tiga wujud tuturandan 11) imperatif anjuran tiga wujud temuan.
Copyrights © 2022