Penelitian ini dilakukan dengan tujuan mengembangkan penuntun praktikum asam basa sesuai discoverylearning dan project based learning . Pengembangan penuntun praktikum berdasarkan Langkah-langkahdiscovery learning dan project based learning. Penuntun praktikum disusun oleh penulis dan divalidasioleh dosen. Penuntun praktikum kemudian diuji cobakan ke SMA Muhammadiyah 8 Kisaran sebagailokasi penelitian. Penelitian dilaksanakan pada bulan Februari sampai Maret 2019. Penelitianmenggunakan sampel sebanyak dua kelas yaitu kelas eksperimen I yang diajar menggunakan penuntunpraktikum sesuai discovery learning dan kelas eksperimen II yang diajar menggunakan penuntunpraktikum sesuai project based learning. Angket yang diberikan kepada dosen dan guru menunjukkanhasil nilai rata-rata penuntun project based learning lebih tinggi dibandingkan dengan discoverylearning. Sedangkan peningkatan hasil belajar peserta didik yang diajar dengan menggunakan penuntundiscovery learning lebih tinggi dibandingkan project based learning yaitu masing-masing sebesar79,48% dan 60,33%. Hal ini terjadi disebabkan peserta didik belum terbiasa menyusun sendirirancangan praktikum sebagaimana yang harus dilakukan pada kelas yang menerapkan project basedlearning
Copyrights © 2022