KATALIS: Jurnal Penelitian Kimia dan Pendidikan Kimia
Vol 5 No 1 (2022): Katalis: Jurnal Penelitian Kimia dan Pendidikan Kimia

Praktikum Kimia SMA Kelas XI pada Materi Asam Basa Sesuai Model Discovery dan Project Based Learning

Ahmad Fauzi Syahputra Yani (Universitas Samudra)
Coryna Oktaviani (Universitas Samudra)



Article Info

Publish Date
10 Aug 2022

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan mengembangkan penuntun praktikum asam basa sesuai discoverylearning dan project based learning . Pengembangan penuntun praktikum berdasarkan Langkah-langkahdiscovery learning dan project based learning. Penuntun praktikum disusun oleh penulis dan divalidasioleh dosen. Penuntun praktikum kemudian diuji cobakan ke SMA Muhammadiyah 8 Kisaran sebagailokasi penelitian. Penelitian dilaksanakan pada bulan Februari sampai Maret 2019. Penelitianmenggunakan sampel sebanyak dua kelas yaitu kelas eksperimen I yang diajar menggunakan penuntunpraktikum sesuai discovery learning dan kelas eksperimen II yang diajar menggunakan penuntunpraktikum sesuai project based learning. Angket yang diberikan kepada dosen dan guru menunjukkanhasil nilai rata-rata penuntun project based learning lebih tinggi dibandingkan dengan discoverylearning. Sedangkan peningkatan hasil belajar peserta didik yang diajar dengan menggunakan penuntundiscovery learning lebih tinggi dibandingkan project based learning yaitu masing-masing sebesar79,48% dan 60,33%. Hal ini terjadi disebabkan peserta didik belum terbiasa menyusun sendirirancangan praktikum sebagaimana yang harus dilakukan pada kelas yang menerapkan project basedlearning

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

katalis

Publisher

Subject

Chemistry Education

Description

Jurnal Katalis, merupakan jurnal ilmiah yang dalam bidang penelitian kimia dan pendidikan kimia yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Samudra. Jurnal Katalis terbit secara berkala dua kali setiap tahunnya yaitu edisi Januari-Juni dan ...