Fokus utama dalam penelitian ini adalah upaya meningkatkan kreativitas matematis siswa dimana yang diteliti adalah beberapa hal berikut yaitu, respon siswa terhadap pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran koopertaifi tipe GI pada materi dimensi dua, kreativitas siswa dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran koopertif tipe GI, serta aktivitas siswa dalam pembelajaran koopertif tipe GI. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 3 siklus, setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, implementasi tindakan, observasi, dan refleksi. Dalam penelitian ini yang menjadi subjek penelitian adalah siswa kelas XI TKJ 01 SMK YADIKA , dengan jumlah siswa sebanyak 47 siswa. Berdasarkan hasil temuan penelitian pada analisis respon siswa, diperoleh sebagian besar siswa menyampaikan kesan   positif   terhadap   pembelajaran   matematika    dengan  menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe GI. Pada aspek kreativitas hasil belajar matematis menunjukkan peningkatan dengan nilai rata-rata siklus I sebesar 70,40, siklus II sebesar 75,34 dan siklus III sebesar 80,21. Hal ini juga diperkuat oleh rata-rata indeks gain antar siklus dengan kriteria sedang. Dan dari hasil indikator kreativitas siswa mengalami peningkatan di setiap siklusnya.
Copyrights © 2022