JPG (Jurnal Pendidikan Geografi)
Vol 9, No 2 (2022)

Pengaruh Model Blended Learning Terhadap Hasil Belajar Kognitif pada Mata Pelajaran Geografi Kelas X di SMAN 4 Banjarmasin

Muhammad Lukman Iqbal (Unknown)
Deasy Arisanty (Universitas Lambung Mangkurat)
Herry Porda Nugroho Putro (Universitas Lambung Mangkurat)



Article Info

Publish Date
18 Sep 2022

Abstract

Pandemi Covid-19 muncul pada tahun 2020 mempunyai dampak terhadap hampir seluruh sektor terutama sektor pendidikan yang penyebaran virus tersebut hampir keseluruh negara di dunia termasuk negara Indonesia. Kegiatan pembelajaran terutama di SMAN 4 Banjarmasin sebelum adanya Covid-19 dilaksanakan dengan cara tatap muka kemudian ketika adanya wabah pandemi Covid-19 diberlakukan dengan model pembelajaran blended learning yaitu merupakan kombinasi dari pengajaran langsung atau tatap muka dan pengajaran online, ketika pembelajaran disekolah dilaksanakan dengan protokol kesehatan seperti mencuci tangan memakai air mengalir dan pakai sabun, memakai masker, jaga jarak antar siswa dan dilarang berkerumun. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengaruh blended learning terhadap hasil belajar kognitif pada mata pelajaran geografi kelas X di SMAN 4 Banjarmasin. Sampel penelitian yang diambil dari penelitian ini adalah kelas X IPS yaitu kelas X IPS 4 (kelas kontrol) dan kelas X IPS 5 (kelas eksperimen). Kesimpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran blended learning berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar kognitif.Kata kunci : Pandemi Covid-19, model pembelajaran, blended learning

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpg

Publisher

Subject

Earth & Planetary Sciences Education

Description

JPG (Jurnal Pendidikan Geografi) publishes articles from research in the field of geography and geography education, which have not been published elsewhere. This journal is periodically published by Geography Education Study Program, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Lambung ...