Jurnal Inovasi Pendidikan dan Sains
Vol 3 No 3 (2022): Desember

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KEAKTIFAN SISWA PADA MATERI PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN TUMBUHAN KELAS XII SMA

Good Govermance Manihuruk (Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas FKIP Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia)
Mastiur Verawaty Silalahi (Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas FKIP Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia)
Srinatalia Silaen (Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas FKIP Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia)



Article Info

Publish Date
10 Dec 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Discovery Learning pada kelas XII SMA Swasta Abdi Sejati Perdagangan. Peneliti juga ingin membuktikan apakah keaktifan dan hasil belajar siswa memiliki perbedaan yang signifikan sebelum dan sesudah perlakuan. Penelitian ini dilakukan di SMA Swasta Abdi Sejati Perdagangan Tahun Ajaran 2022/2023. Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen menggunakan model Discovery Learning 83,17 dengan nilai 7,130, dan nilai rata-rata kontrol 76,33 dengan nilai 8,087. N-gain kelas eksperimen yang menggunakan model Discovery Learning adalah g = 0,66 merupakan kategori sedang, sedangkan N-gain kelas kontrol adalah g = 0,51 merupakan kategori sedang. Oleh karena itu peningkatan hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Berdasarkan uji hipotesis diperoleh thitung sebanyak 0,444. Maka diketahui bahwa nilai thitung > ttabel. Berdasarkan nilai signifikansi dihasilkan nilai sebesar 0,594 yang menunjukan nilai signifikansinya > 0,05. Sehingga dapat dikatakan bahwa penelitian ini Ha diterima dan Ho ditolak atau adanya pengaruh penggunaan model Discovery Learning terhadap hasil belajar dan keaktifan siswa pada materi pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JIPS

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Chemical Engineering, Chemistry & Bioengineering Education Materials Science & Nanotechnology Physics

Description

Jurnal Inovasi Pendidikan dan Sains (JIPS) merupakan wadah publikasi ilmiah bagi dosen, guru, mahasiswa dan peneliti dalam bidang Sains dan di bidang pendidikan Kimia, Fisika dan Biologi. Semua manuskrip yang dikirimkan akan dikenakan proses review setelah dilakukan pemeriksaan menyeluruh oleh ...