Jurnal Inovasi Pendidikan dan Sains
Vol 3 No 3 (2022): Desember

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI

Florantina Hasugian (Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia)
Mastiur Verawaty Silalahi (Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia)
Srinatalia Silaen (Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia)



Article Info

Publish Date
10 Dec 2022

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui hasil belajar peserta didik yang diajar dengan menggunakan pengaruh model pembelajaraan Numbered Head Together(NHT ) pada materi Keanekaragaman Hayati hasil belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Pematang Siantar T.A 2022/2023. Jenis penelitian kuantitatif ini menggunakan teknik simple Random Sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas MIPA-4 kelas kontrol dan MIPA-5 kelas eksperimen. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian menggunakan tes pilihan ganda sebanyak 20 soal yang sudah divalidasi. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas , uji homogenitas, uji hipotesi dan uji N-Gain. Hasil penelitian diperoleh dengan nilai rata-rata hasil belajar pre-test pada kelas eksperimen 50,27 dan pre-test 80,83 sedangkan pre-test pada kelas kontrol 41,66 dan post-test 75,69. Berdasarkan hasil uji T hipotesis yang diperoleh yaitu ttabel > thitung ( 26,618>0,329). Maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh model pembelajaraan Numbered Head Together (NHT)Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Keanekaragaman Hayati

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JIPS

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Chemical Engineering, Chemistry & Bioengineering Education Materials Science & Nanotechnology Physics

Description

Jurnal Inovasi Pendidikan dan Sains (JIPS) merupakan wadah publikasi ilmiah bagi dosen, guru, mahasiswa dan peneliti dalam bidang Sains dan di bidang pendidikan Kimia, Fisika dan Biologi. Semua manuskrip yang dikirimkan akan dikenakan proses review setelah dilakukan pemeriksaan menyeluruh oleh ...