Tujuan penelitian untuk mengetahui hasil belajar peserta didik yang diajar dengan menggunakan pengaruh model pembelajaraan Numbered Head Together(NHT ) pada materi Keanekaragaman Hayati hasil belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Pematang Siantar T.A 2022/2023. Jenis penelitian kuantitatif ini menggunakan teknik simple Random Sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas MIPA-4 kelas kontrol dan MIPA-5 kelas eksperimen. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian menggunakan tes pilihan ganda sebanyak 20 soal yang sudah divalidasi. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas , uji homogenitas, uji hipotesi dan uji N-Gain. Hasil penelitian diperoleh dengan nilai rata-rata hasil belajar pre-test pada kelas eksperimen 50,27 dan pre-test 80,83 sedangkan pre-test pada kelas kontrol 41,66 dan post-test 75,69. Berdasarkan hasil uji T hipotesis yang diperoleh yaitu ttabel > thitung ( 26,618>0,329). Maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh model pembelajaraan Numbered Head Together (NHT)Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Keanekaragaman Hayati
Copyrights © 2022