Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Ekonomi
Vol 4, No 1 (2022): Vol 4, No 1 (2022): Juni 2022

PENGARUH DIVERSIFIKASI PRODUK TERHADAP VOLUME PENJUALAN PADA PEDAGANG ROTAN DI LHOKNGA ACEH BESAR

Diana Aridaini (Universitas Syiah Kuala)
Ruaida Ruaida (Universitas Syiah Kuala)
Isyadillah Irsyadillah (Universitas Syiah Kuala)



Article Info

Publish Date
01 Jul 2022

Abstract

Diversifikasi produk adalah salah satu strategi pemasaran dalam meningkatkan volume penjualan karena dengan keberagaman produk konsumen lebih banyak pilihan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginannya. Untuk mewujudkan diversifikasi produk para pedagang rotan meningkatkan penyediaan produk dengan berbagai ragam ukuran, ragam jenis, ragam kualitas dan ragam desain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui produk-produk yang didiversifikasikan dan volume penjualan serta bagaimana pengaruh diversifikasi produk terhadap volume penjualan pada pedagang rotan di Lhoknga Aceh Besar. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah semua pedagang rotan di Lhoknga Aceh Besar dengan jumlah 30 responden yang tersebar di daerah Gampong Lamgaboh, Gampong Aneuk Paya, Gampong Kueh dan Gampong Tanjong. Teknik sampel yang digunakan dalam yaitu total sampel atau sampel jenuh. Analisis data menggunakan uji regresi linear sederhana, uji determinasi, dan uji hipotesis. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel diversifikasi produk (X) berpengaruh positif terhadap volume penjualan (Y). Hasil uji determinasi membuktikan bahwa terdapat pengaruh sebesar 61,7%, sedangkan sisanya 38,3% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini.Kata Kunci: Diversifikasi Produk, Volume Penjualan

Copyrights © 2022