Nirwasita: Jurnal Pendidikan Sejarah dan Ilmu Sosial
Vol. 3 No. 2 (2022): Nirwasita

Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (Tgt) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas X Tb 4 SMKN 2 Sukawati Gianyar Tahun Pelajaran 2021/2022: Application Of Cooperative Learning Model Type Of Teams Games Tournament (TGT) To Increase Students' Learning Outcomes In History Courses Of Class X TB 4 SMKN 2 Sukawati Gianyar Academic Year 2021/2022

maria fransiska jesi (Prodi Pendidikan Sejarah FKIP Universitas PGRI Mahadewa Indonesia)
Ni Putu Yuniarika Parwati (Prodi Pendidikan Sejarah FKIP Universitas PGRI Mahadewa Indonesia)
I Wayan Suana (Prodi Pendidikan Sejarah FKIP Universitas PGRI Mahadewa Indonesia)



Article Info

Publish Date
27 Sep 2022

Abstract

Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas X TB 4 SMKN 2 Sukawati Gianyar Tahun Pelajaran 2021/2022. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah Kelas X TB 4 SMKN 2 Sukawati Gianyar Tahun Pelajaran 2021/2022. Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas X TB 4 SMKN 2 Sukawati Gianyar Lembor Manggarai Barat Tahun Pelajaran 2021/2022 . Jumlah siswa adalah 41 orang yang terdiri dari 21 orang siswa laki-laki dan 20 orang siswa perempuan. Objek penelitian ini adalah Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas X TB 4 SMKN 2 Sukawati Gianyar Tahun Pelajaran 2021/2022. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi tes dan dokumentasi. Adapun tahapan dalam penelitian ini berupa siklus, dimana didalam penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, pada masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan tindakan,tahap pelaksanaan tindakan, tahap observasi atau pengamatan dan tahap refeleksi. Hasil refleksi awal sebelum diterapkannya model Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas X TB 4 SMKN 2 Sukawati Gianyar Tahun Pelajaran 2021/2022 yang berjumkal 41 siswa, yang terdiri dari 21 siswa laki-laki dan 20 orang siswa perempuan yaitu dengan total nilai mata pelajaran sejarah sebesar 2845 dengan rata-rata 69,39 (2845:41) daya serap 69,39% (69,39:100x100%) serta ketuntasan klasikal 16,43% (6:41x100%). Pada siklus I skor rata-rata siswa Kelas X TB 4 SMKN 2 Sukawati Gianyar Tahun Pelajaran 2021/2022 dalam mata pelajaran sejarah adalah 73,97 (3033:41) dengan total daya serap siswa 73,97% (73,97:100x100%) dan ketuntasan klasiskal 43,90% (18:41 x 100%). Pada siklus II skor rata-rata siswa Kelas TB 4 SMKN 2 Sukawati Gianyar Tahun Pelajaran 2021/2022 dalam mata pelajaran sejarah adalah sebesar 81,97 (3361:41) dengan daya serap 81,97% (81,97:100x100%) dan ketuntasan klasikal siswa sebesar 95,12 % (39:41 x 100%).

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

nirwasita

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Jurnal Nirwasita dikelola dan diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Sejarah, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mahadewa Indonesia yang diterbitkan dua kali setahun pada bulan Maret dan September. Jurnal ini berisi tulisan ilmiah tentang pendidikan sejarah serta kajian sosial ...