Cendikia : Media Jurnal Ilmiah Pendidikan
Vol 13 No 2 (2022): November: Education Science

Studi Komparasi Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Dan Model Pembelajaran Konvensional Pada Mata Pelajaran Ips Terpadu Kelas VIII Di SMP Negeri 10 Pematangsiantar T.A. 2022/2023

Johanes Hotmatua Siahaan (Universitas HKBP Nommensen Pematang Siantar)
Sotarduga Sihombing (Universitas HKBP Nommensen Pematang Siantar)
Benjamin Albert Simamora (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Oct 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan studi komparasi kemampuan berpikir kritis siswa dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dan model pembelajaran konvensional pada mata pelajaran IPS terpadu kelas VIII di SMP Negeri 10 Pematangsiantar tahun ajaran 2022/2023. Penelitian berjenis kuantitatif. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimental dengan rancangan penelitian posttest only design. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah teknik purporsive sampling dengan sampel dua kelas eksperimen yang masing masing berjumlah 32 siswa atau total sampel berjumlah 62 siswa kelas VIII di SMP Negeri 10 Pematangsiantar tahun ajaran 2022/2023. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Data yang diperoleh berupa data kemampuan berpikir kritis. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan berpikir kritis. Uji hipotesis yang digunakaan adalah uji t sampel independen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dan model pembelajaran konvensional, hal ini ditunjukkan dengan nilai thitung (3,938) > ttabel (1,999). Model pembelajaran berbasis masalah lebih baik dibandingkan model pembelajaran konvensional terhadap kemampuan berpikir siswa Kelompok eksperimen 1 yang menerima perlakuan pembelajaran dengan model pembelajaran berbasis masalah memperoleh rata-rata nilai sebesar 74.77 atau dapat dikatakan berkategori baik. Sedangkan kelompok eksperimen 2 yang menerima perlakuan pembelajaran dengan model pembelajaran konvensional memperoleh rata-rata nilai sebesar 64.77 atau dapat dikatakan berkategori cukup. Disarankan agar hasil penelitian ini dapat dipakai dalam rangka mengembangkan sistem pembelajaran di sekolah.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Cendikia

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Cendikia : Media Jurnal Ilmiah Pendidikan is a high-quality open-access peer-reviewed research journal that is published by the Institute of Computer Science. Cendikia : Media Jurnal Ilmiah Pendidikan is providing a platform that welcomes and acknowledges high quality empirical original research ...