Permasalahan penelitian ini adalah kurangnya kreativitas hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan media tutorial Autocad terhadap kreativitas belajar siswa kelas XI jurusan TKJ di SMKN 9 Mataram. Metode yang digunakan dalam menentukan subyek penelitian ini yakni menggunakan teknik random sampling karena jumlah siswa 136 maka dalam penelitian ini jumlah sampel yang diambil 34 orang siswa. Metode yang digunakan dalam memperoleh data penelitian ini adalah metode angket, dokumentasi dan observasi sebagai metode pokok sedangkan metode analisis data yang digunakan adalah analisis statistik dengan rumus Chi-squere. Hasil analisis yang diperoleh dalam penelitian ini adalah nilai t hitung 28,624 dan t table 9,488. Dengan demikian, t hitung > t tabel yaitu 28,624 >9,488. Ini berarti Hipotesis alternatif yang berbunyi ada pengaruh penerapan media tutorial Autocad terhadap kreativitas belajar siswa kelas XI jurusan TKJ di SMK Negeri 9 Mataram diterima dan Hipotesis nol yang berbunyi tidak ada pengaruh penerapan media tutorial Autocad terhadap kreativitas belajar siswa kelas XI jurusan TKJ di SMK Negeri 9 Mataram ditolak. Kesimpulan yang diperoleh dalam penelitian ini adalah ada pengaruh penerapan media tutorial Autocad terhadap kreativitas belajar siswa kelas XI jurusan TKJ di SMKN 9 Mataram yang artinya hasil penelitian ini adalah signifikan dengan t hitung 28,624.
Copyrights © 2022