Lentera Pendidikan Indonesia: Jurnal Media, Model, dan Pengembangan Pembelajaran
Vol. 3 No. 1 (2022): Februari

PENGARUH PENERAPAN MEDIA TUTORIAL AUTOCAD TERHADAP KREATIVITAS BELAJAR SISWA KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN TKJ DI SMK NEGERI 9 MATARAM

Istigna Istigna (Universitas Pendidikan Mandalika)
Muh Husein Baysha (Universitas Pendidikan Mandalika)
Endah Resnandari Puji Astuti (Universitas Pendidikan Mandalika)



Article Info

Publish Date
27 Sep 2022

Abstract

Permasalahan penelitian ini adalah kurangnya kreativitas hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan media tutorial Autocad terhadap kreativitas belajar siswa kelas XI jurusan TKJ di SMKN 9 Mataram. Metode yang digunakan dalam menentukan subyek penelitian ini yakni menggunakan teknik random sampling karena jumlah siswa 136 maka dalam penelitian ini jumlah sampel yang diambil 34 orang siswa. Metode yang digunakan dalam memperoleh data penelitian ini adalah metode angket, dokumentasi dan observasi sebagai metode pokok sedangkan metode analisis data yang digunakan adalah analisis statistik dengan rumus Chi-squere. Hasil analisis yang diperoleh dalam penelitian ini adalah nilai t hitung 28,624 dan t table 9,488. Dengan demikian, t hitung > t tabel yaitu 28,624 >9,488. Ini berarti Hipotesis alternatif yang berbunyi ada pengaruh penerapan media tutorial Autocad terhadap kreativitas belajar siswa kelas XI jurusan TKJ di SMK Negeri 9 Mataram diterima dan Hipotesis nol yang berbunyi tidak ada pengaruh penerapan media tutorial Autocad terhadap kreativitas belajar siswa kelas XI jurusan TKJ di SMK Negeri 9 Mataram ditolak. Kesimpulan yang diperoleh dalam penelitian ini adalah ada pengaruh penerapan media tutorial Autocad terhadap kreativitas belajar siswa kelas XI jurusan TKJ di SMKN 9 Mataram yang artinya hasil penelitian ini adalah signifikan dengan t hitung 28,624.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

lpi

Publisher

Subject

Education

Description

Lentera Pendidikan Indonesia: Jurnal Media, Model, dan Pengembangan Pembelajaran is an open access peer reviewed research journal that Yayasan Lingkar Pena Mandiri Indonesia publishes. The journal publishes state-of-art papers in the form of conceptual research and studies in the field of learning ...