Lentera Pendidikan Indonesia: Jurnal Media, Model, dan Pengembangan Pembelajaran
Vol. 3 No. 3 (2022): Agustus

EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN TELAAH YURISPRUDENSI INQUIRY TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII MATA PELAJARAN PKN DI SMP NEGERI 8 MATARAM

Nadia Nadia (Universitas Pendidikan Mandalika)
Hastuti Diah Ikawati (Universitas Pendidikan Mandalika)
Wiwien Kurniawati (Universitas Pendidikan Mandalika)



Article Info

Publish Date
28 Sep 2022

Abstract

Permasalahan pembelajaran PKN di SMP Negeri 8 Mataram yaitu teknik pengajar yang masih relative monoton yang hanya menggunakan metode ceramah. Hal ini akan berpengaruh terhadap rendahnya hasil belajar siswa. Untuk mengatasi masalah tersebut maka diterapkan Model Pembelajaran Telaah Yurisprudensi Inquiry.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Efektivitas Model Pembelajaran Telaah Yurisprudensi Inquiry Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Pada Mata Pelajaran PKN di SMP Negeri 8 Mataram. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dimana dalam penelitian ini menggunakan rancangan Quasi Eksperimen jenis One Group Preetest-Post Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII yang berjumlah 245 orang dan sampel yang digunakan adalah kelas VIII B yang berjumlah 35 orang. Instrumen penelitian yang digunakan untuk memperoleh data dalam penelitian ini adalah Tes, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data statistik menggunakan rumus T-test. Hasil analisis yang diperoleh dalam penelitian ini adalah nilai thitung adalah 5,816 dan ttabel adalah 2,041. Dengan demikian thitung lebih besar dari pada ttabel yaitu (5,816 > 2,041). Hal ini berarti hipotesis alternatif (Ha) yang berbunyi ada Efektivitas Model Pembelajaran Telaah Yurisprudensi Inquiry Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Pada Mata Pelajaran PKN di SMP Negeri 8 Mataram di terima yang artinya hasil penelitian ini adalah signifikan dengan nilai thitung 5,816.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

lpi

Publisher

Subject

Education

Description

Lentera Pendidikan Indonesia: Jurnal Media, Model, dan Pengembangan Pembelajaran is an open access peer reviewed research journal that Yayasan Lingkar Pena Mandiri Indonesia publishes. The journal publishes state-of-art papers in the form of conceptual research and studies in the field of learning ...