Jurnal Bisnis Mahasiswa
Vol 2 No 3 (2022): Jurnal Bisnis Mahasiswa

PENGARUH HARGA, INOVASI PRODUK DAN BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA AROMA BAKERY SM RAJA MEDAN AMPLAS

Laila Handayani Harahap (Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah, Medan, Indonesia)
Muhammad Hilman Fikri (Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah, Medan, Indonesia)
Arief Hadian (Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah, Medan, Indonesia)
Ahmad Darwis (Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah, Medan, Indonesia)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan menguji Pengaruh Harga, Inovasi Produk dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Pada Aroma Bakery SM Raja Medan Amplas. Sampel penelitian ini adalah sebanyak 90 konsumen. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis Regresi Berganda, Uji T, Uji F dan Koefisien Determinasi, Uji Validitas dan Uji Reliabilitas, Uji Asumsi Klasik. Uji kesesuaian dengan menggunakan uji t dilakukan untuk menguji pengaruh secara parsial antara variabel independen dengan variabel dependen dengan asumsi bahwa varaiabel lain dianggap konstan. Hasil analisis diperoleh nilai t hitung untuk variabel harga (X1) sebesar 3.670 jika dibandingkan dengan nilai t tabel yang sebesar 1.662. Maka t hitung yang diperoleh lebih besar dari nilai t tabel atau 3.670 > 1.662. Variabel inovasi produk (X2) sebesar -1.627 jika dibandingkan dengan nilai t tabel yang sebesar 1.662. Maka t hitung yang diperoleh lebih kecil dari nilai t tabel atau -1.627 < 1.662. Variabel brand image (X3) sebesar 3.932 jika dibandingkan dengan nilai t tabel yang sebesar 1.662. Maka t hitung yang diperoleh lebih besar dari nilai t tabel atau 3.932 > 1.662. Nilai f hitung adalah 153.830 dengan tingkat sig 0,000 oleh karena itu nilai sig 0,000 > 0,05 dan nilai F hitung 153.830 > F tabel 2.71. Nilai R menunjukkan korelasi sederhana, yaitu harga (X1), inovasi produk (X2) dan brand image (X3) berpengaruh terhadap keputusan pembelian sebesar 0.918 atau 91.8%. Artinya hubungannya erat, semakin besar R berarti hubungannya semakin erat. R square (R2) atau kuadrat R menunjukkan koefisien determinasi adalah sebesar 0.843, artinya persentase harga (X1), inovasi produk (X2) dan brand image (X3) terhadap keputusan pembelian sebesar 84.3% sedangkan sisanya sebesar 15.7% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti oleh penelitian ini.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jurnal

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Environmental Science Social Sciences Other

Description

Tujuan dari Jurnal Bisnis Mahasiswa ini adalah untuk mendorong penyebaran seluas-luasnya hasil penelitian ilmiah akademisi dibidang bisnis. Jurnal Bisnis Mahasiswa mengundang artikel-artikel di bidang: Manajemen Akuntansi Ekonomi e-Business Jurnal Bisnis Mahasiswa menerima artikel-artikel yang ...