cover
Contact Name
Muhammad Ikhlash
Contact Email
ikhlash@polibatam.ac.id
Phone
+6285276558866
Journal Mail Official
ikhlash@polibatam.ac.id
Editorial Address
Komp. Pertokoan Hafindo Square Blok B No. 8 Sekupang, Batam, Provinsi Kepulauan Riau, 29424
Location
Kota batam,
Kepulauan riau
INDONESIA
Jurnal Bisnis Mahasiswa
ISSN : -     EISSN : 28072219     DOI : -
Tujuan dari Jurnal Bisnis Mahasiswa ini adalah untuk mendorong penyebaran seluas-luasnya hasil penelitian ilmiah akademisi dibidang bisnis. Jurnal Bisnis Mahasiswa mengundang artikel-artikel di bidang: Manajemen Akuntansi Ekonomi e-Business Jurnal Bisnis Mahasiswa menerima artikel-artikel yang sesuai dengan subyek penelitian bisnis dan metodologi penelitian yang sesuai dengan standar yang ditetapkan untuk dipublikasikan dalam jurnal ini. Kriteria utama untuk publikasi di Jurnal Bisnis Mahasiswa ini adalah pentingnya kontribusi hasil penelitian terhadap kekayaan literatur dibidang bisnis pada umumnya.
Articles 92 Documents
Prosedur Pengajuan Dan Perpanjangan Dokumen Kitas Karyawan Asing Pada PT ABC Rita Riyani
Jurnal Bisnis Mahasiswa Vol 1 No 1 (2021): Jurnal Bisnis Mahasiswa
Publisher : PT Aksara Indo Rajawali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (78.116 KB) | DOI: 10.60036/jbm.v1i1.1

Abstract

Penelitian ini membahas pentingnya sebuah perusahaan dalam membentuk suatu prosedur pengajuan dan perpanjangan dokumen Kitas karyawan asing yang berperan penting dalam pengawasan serta pedoman tata kerja. Kitas atau Kartu Izin Tinggal Terbatas merupakan salah satu jenis izin keimigrasian yang dikeluarkan oleh Imigrasi dalam rangka pemberian izin untuk berada maupun tinggal di wilayah Indonesia dengan jangka waktu tertentu dan bertujuan untuk bekerja. Proses pengajuan dan perpanjangan dokumen Kitas pada PT ABC belum mempunyai prosedur yang baku. Penelitian adalah penelitian penelitian kualitatif dengan model deskriptif. Hasil dari penelitian ini adalah menyarankan bahwa perusahaan sebaiknya menggunakan prosedur yang baku dalam pengajuan dan perpanjangan dokumen Kitas, hal tersebut dimaksudkan agar perusahaan dapat melaksanakan tata kerja berdasarkan pedoman dan dapat melaksanakan pengawasan serta pengendalian internal dengan baik.
Pengaruh Akuntabilitas dan Transparansi Terhadap Kualitas Pelayanan Publik: Studi Kantor Badan Pengelolaan Keuangan Daerah Provinsi Bengkulu Darlena Darlena; Neri Susanti; Rinto Noviantoro
Jurnal Bisnis Mahasiswa Vol 1 No 1 (2021): Jurnal Bisnis Mahasiswa
Publisher : PT Aksara Indo Rajawali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (154.634 KB) | DOI: 10.60036/jbm.v1i1.2

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: mengetahui pengaruh akuntabilitas publik terhadap kualitas pelayanan, untuk mengetahui pengaruh transparansi publik terhadap kualitas pelayanan publik, untuk mengetahui pengaruh akuntabilitas publik dan transparansi publik terhadap kualitas pelayanan publik di Kantor Badan Pengelolaan Keuangan Daerah Provinsi Bengkulu. Sampel dalam penelitian ini adalah 90 orang responden.  Metode yang digunakan dalam pengambilan data untuk penelitian ini adalah kuesioner. Adapun metode analisis data pada penelitian ini adalah uji asumsi klasik, uji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian ini disimpulkan bahwa persamaan garis regresi sebagai berikut: Y= 31,901+ 0,579 (X1) + 0,296 (X2) maka a Terdapat pengaruh akuntabilitas (X1) terhadap kualitas pelayanan publik (Y) berdasarkan hasil uji tsig untuk variabel akuntabilitas (X1) adalah sebesar 0,021 nilai hitung tersebut tersebut jika di bandingkan dengan nilai α 0,05 dengan tingkat signifikan 0.021<5%. b. Terdapat pengaruh transparasi (X2) terhadap kualitas pelayanan publik (Y) berdasarkan hasil uji thitung untuk variabel transparasi (X2) adalah sebesar 1,589 nilai thitung tersebut jika di bandingkan dengan ttabel sebesar 1.6991. karena thitung<ttabel (1,589<1.6991) dengan tingkat segnifikan 0.023>5% maka Ha ditolak dan Ho diterima artinya pengaruh transparasi (X2) terhadap kualitas pelayanan publik (Y). c. Dari hasil perhitungan dengan menggunakan SPSS terlihat pada tabel yang diperoleh besarnya Fhitung adalah 7,894 sedangkan nilai Ftabel digunakan taraf signifikan 5% dengan df=n k-1=32-3-1=28, sehingga diperoleh hasil Ftabel sebesar 2.95 karena Fhitung>Ftabel (7,894>2.95) maka Ha diterima dan Ho ditolak artinya berpengaruh signifikan dari variabel akuntabilitas (X1), transparasi (X2) secara bersama-sama atau simultan terhadap kualitas pelayanan publik (Y).
the Pengaruh CAR, LDR Dan BOPO Terhadap ROA Pada Bank BUMN Konvesional yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Ferona Gustiana; Ahmad Soleh; Zahra Indah Ferina
Jurnal Bisnis Mahasiswa Vol 1 No 1 (2021): Jurnal Bisnis Mahasiswa
Publisher : PT Aksara Indo Rajawali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (104.627 KB) | DOI: 10.60036/jbm.v1i1.3

Abstract

CAR, LDR dan BOPO erat sekali kaitannya dengan ROA, Alasan untuk dilakukannya pengukuran kondisi suatu entitas adalah untuk mempertahankan kelangsungan hidup perusahaan dalam jangka panjang, karena profitabilitas yang dilihat dari ROA menunjukkan apakah perusahaan perbankan tersebut mempunyai prospek yang baik kedepannya. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh CAR, LDR dan BOPO Terhadap ROA Pada Bank BUMN Konvensional yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Sampel dalam penelitian ini adalah empat bank konvesional di Indonesia yaitu BNI, BRI, BTN dan Bank Mandiri. Penelitian dilakukan dari tahun 2010 sampai 2019. Metode pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi Analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda, koefesien determinasi dan uji hipotesis. Dari perhitungan persamaan regresi linier berganda dapat diketahui bahwa pengaruh CAR, LDR dan BOPO Terhadap ROA Pada Bank BUMN Konvensional menghasilkan hasil uji regresi: Y = 11,602 + 0,015 X1 + 0,005 X2 - 0,108 X3. Koefesien determinasi yang diperoleh R square sebesar 0,785. Hal ini berarti bahwa X1 (CAR), X2 (LDR) dan X3 (BOPO) berpengaruh terhadap ROA (Y) sebesar 78,5% sedangkan sisanya (100 % - 78,5% = 21,5 %) dipengaruhi oleh variabel-variabel lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Hasil pengujian uji t, menunjukan adanya pengaruh yang signfikan secara terpisah antara CAR, LDR dan BOPO Terhadap ROA Pada Bank BUMN Konvensional. Hasil pengujian uji F menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000, karena nilai signifikan lebih kecil dari 0,05 maka artinya CAR, LDR dan BOPO memilik pengaruh yang signfikan secara bersama-sama terhadap ROA Pada Bank BUMN Konvensional.
Pengaruh Strategi Pemasaran Online Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Produk Sepatu Muhammad Hilman Fikri; Shendy Sahdandi
Jurnal Bisnis Mahasiswa Vol 1 No 1 (2021): Jurnal Bisnis Mahasiswa
Publisher : PT Aksara Indo Rajawali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (134.696 KB) | DOI: 10.60036/jbm.v1i1.5

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah variabel strategi pemasaran online berpengaruh terhadap minat beli konsumen. Skripsi ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan   teknik   analisis data   yang digunakan yaitu Regresi Linear Sederhana dengan uji-t dan uji determinasi. Jumlah sampel dalam penelitian ini yaitu sebanyak 106 responden dengan penentuan sampel menggunakan teknik random sampling. Teknik pengumpulan data dengan cara menyebar kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pemasaran online berpengaruh positif terhadap minat beli konsumen pada toko Agung shoes. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil analisa sederhana di peroleh persamaan Y= 11,186+ 0,707X. Hasil Uji-t didapatkan t hitung (13,883) > t tabel (1,65964) dengan tingkat signifikan pada tabel sebesar 0,000 yang artinya 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima berarti dapat diketahui bahwa strategi pemasaran online secara   signifikan   mempengaruhi   minat   beli   konsumen.   Nilai   koefisisen determinasi mencapai 0,650 atau sebesar 65% yang berarti bahwa variabel strategi pemasaran online mempengaruhi minat beli konsumen di toko Agung shoes. Sementara sisanya sebesar 35% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain diluar penelitian ini.
Pengaruh Pemanfaatan Teknologi Informasi Terhadap Kinerja Dosen Pada Era New Normal Julianto Hutasuhut; Adrial Falahi
Jurnal Bisnis Mahasiswa Vol 1 No 1 (2021): Jurnal Bisnis Mahasiswa
Publisher : PT Aksara Indo Rajawali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (168.65 KB) | DOI: 10.60036/jbm.v1i1.6

Abstract

Fungsi, peran dan kedudukan dosen pada era New Normal saat ini semakin strategis terkait kebijakan sistem pembelajaran daring. Maka sebagai pendidik profesional dosen juga harus memiliki keterampilan dan pengetahuan untuk memanfaatkan teknologi informasi supaya dapat menghasilkan kinerja sesuai dengan standar yang ditetapkan.  Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh terhadap kinerja dosen. Dugaan awal yang diajukan, teknologi informasi berpengaruh positif terhadap kinerja dosen. Objek penelitian yaitu dosen tetap Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah.  Jumlah sampel ditetapkan 107 orang dengan menggunakan teknik random sampling. Jenis penelitian yang dipilih yaitu penelitian assosiaitif berdasarkan pendekatan metode kuantitatif.  Instrumen penelitian menggunakan kuesioner dengan pengukuran skala Likert. Teknik analisis data yang dipilih uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, uji regresi linier, uji t serta uji koefisien deterrminasi (uji R Square). Hasil penelitian, berdasarkan uji regresi diperoleh persamaan Y= 23.027 + 1,112 x Teknologi Informasi. Hasil uji t. pemanfaatan teknologi informasi berpengaruh positif terhadap kinerja dosen karena nilai t hitung yaitu 8.523 dan lebih besar t tabel (1.659).  Hasil uji R Square. teknologi informasi dapat menjelaskan kinerja dosen sebesar 40,7% sisanya 59.3% dipengaruhi variabel bebas lainnya yang tidak diikutsertakan dalam penelitian ini.
PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA RESTORAN AYAM GORENG KALASAN CABANG ISKANDAR MUDA MEDAN Sri Mayasari; Wan Dian Safina
Jurnal Bisnis Mahasiswa Vol 1 No 2 (2021): Jurnal Bisnis Mahasiswa
Publisher : PT Aksara Indo Rajawali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (441.81 KB) | DOI: 10.60036/jbm.v1i2.7

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel secara parsial dan stimultan antara variabel kualitas produk dan pelayanan terhadap kepuasan konsumen restoran ayam goreng kalasan. Metodologi penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif deskriptif dengan metode pengumpulan data melalui angket dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian adalah Konsumen di Jl. Iskandar Muda, Petisah Tengah, Kec. Medan Petisah, Kota Medan. yaitu 19,785 konsumen dan sampel diambil menggunakan teknik random sampling dengan rumus Isaac dan micheal di dapat 126 responden. Data yang diperoleh menggunakan regresi linear berganda dengan program SPSS 20. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial terdapat pengaruh pada kualitas produk dan pelayanan terhadap kepuasan konsumen restoran ayam goreng kalasan pada konsumen Jl. Iskandar Muda, Petisah Tengah, Kec. Medan Petisah, Kota Medan, terlihat pada hasil uji T secara stimultan juga terdapat pengaruh dilihat dari nilai F hitung sebesar 209,942. Variabel kualitas produk dan pelayanan menjelaskan terhadap kepuasan konsumen restoran ayam goreng kalasan Jl. Iskandar Muda, Petisah Tengah, Kec. Medan Petisah, Kota Medan sebesar 77,3% sedangkan sisanya 22,7% dijelaskan oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN DESAIN PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KENDARAAN SEPEDA MOTOR HONDA MATIC BEAT DI PT ANUGERAH KARYA ABIWARA KECAMATAN AIR PUTIH KABUPATEN BATUBARA Uci Handayani; Muhammad Hilman Fikri
Jurnal Bisnis Mahasiswa Vol 1 No 2 (2021): Jurnal Bisnis Mahasiswa
Publisher : PT Aksara Indo Rajawali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (321.768 KB) | DOI: 10.60036/jbm.v1i2.8

Abstract

Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui apakah kualitas produk dan desain produk berpengaruh dan signifikan secara simultan terhadap keputusan pembelian kendaraan sepeda motor Honda matic Beat di PT. Anugerah Karya Abiwara Kecamatan Air Putih Kabupaten Batubara. Metode penelitian menggunakan deskriptif kuantitatif dengan teknik analisis data menggunakan regresi linear berganda dengan pengujian hipotesis yaitu uji-t dan uji-f. Jumlah sampel dalam penelitian ini yaitu sebanyak 64 responden dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Instrumen yang digunakan kuesioner. Hasil Uji-t, kualitas produk (X1) dengan nilai t hitung (3,824)  > t tabel   (1,67022) dan tingkat sig (0,000) < 0,05, artinya menerima hipotesis alternatif (H1) dan menolak hipotesis alternatif (H0). Hasil uji-t variabel desain produk (X2) dengan nilai t hitung (6,181) > t tabel (1,67022) dan signifikansi (0,000) < 0,05, artinya menerima hipotesis alternatif (H_2) dan menolak hipotesis alternatif (H_0). Variabel kualitas produk dan desain produk diuji secara simultan, dengan nilai F hitung (42,067) > F tabel (3,15) dengan tingkat sig (0,000) < 0,05, artinya menerima hipotesis alternatif (H_3) dan menolak hipotesis alternatif (H_0). Nilai koefisisen determinasi mencapai 0,566 atau sebesar 56,6% yang berarti bahwa variabel kualitas produk dan desain produk mempengaruhi keputusan pembelian kendaraan sepeda motor Honda matic Beat di PT. Anugerah Karya Abiwara Kecamatan Air Putih Kabupaten Batubara, sedangkan sisanya sebesar 43,4% variabel dependen dapat dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.
PENGARUH PENGAWASAN DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA PENGADILAN NEGERI MEDAN Tri Wahyuni; Abd. Rasyid Syamsuri
Jurnal Bisnis Mahasiswa Vol 1 No 2 (2021): Jurnal Bisnis Mahasiswa
Publisher : PT Aksara Indo Rajawali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (238.986 KB) | DOI: 10.60036/jbm.v1i2.9

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Pengaruh Pengawasan dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pada Pengadilan Negeri Medan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah bersifat kuantitatif. Penelitian ini dilakukan Pada Pengadilan Negeri Medan Provinsi Sumatera Utara Kota Medan. Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Observasi, dokumentasi dan kuesioner dengan menggunakan skala likert. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 125, dalam menentukan sampel diambil dengan menggunakan rumus slovin, dan menggunakan teknik purposive sampling yaitu pengambilan sampel dengan menetapkan kriteria tertentu yang harus dipenuhi agar sampel yang digunakan sesuai dengan penelitian ini, sampel dalam penelitian ini sebanyak 95 sampel. Metode analisis yang digunakan adalah metode regresi linear berganda dengan menggunakan program SPSS. Hasil penelitian dengan uji secara parsial bahwa Pengawasan memiliki nilai t hitung sebesar 4,853  > 1,6610, sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel Pengawasan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja Pegawai Pada Pengadilan Negeri Medan. Disiplin Kerja memiliki nilai t hitung sebesar 2,907  > 1,6610, sehingga dapat disimpulkan bahwa bahwa Disiplin Kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja Pegawai Pada Pengadilan Negeri Medan. Berdasarkan hasil uji F (Simultan) memiliki nilai F hitung sebesar 73,614 > 3,10, sehingga secara bersama-sama Pengawasan dan Disiplin Kerja berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap Kinerja Pegawai. Hasil analisis koefisien determinasi (R2) menunjukkan bahwa Pengawasan dan Disiplin Kerja  memberikan pengaruh terhadap Kinerja Pegawai nilai sebesar 61,5%, sedangkan sisanya sebesar 38,5% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
PENGARUH KOMPENSASI DAN KEPEMIMPINAN TRANSAKSIONAL TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PT. SHAFCO MULTI TRADING MEDAN Yuni Lestari; Abd. Rasyid Syamsuri
Jurnal Bisnis Mahasiswa Vol 1 No 2 (2021): Jurnal Bisnis Mahasiswa
Publisher : PT Aksara Indo Rajawali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (196.225 KB) | DOI: 10.60036/jbm.v1i2.10

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kompensasi dan Kepemimpinan Transaksional Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Shafco Multi Trading Medan. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif, bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dua variabel atau lebih. Hasil analisis diperoleh nilai t hitung untuk variabel Kompensasi (X1)  sebesar 2.04  jika dibandingkan dengan nilai t tabel yang sebesar 1.663. Maka t hitung yang diperoleh lebih besar dari nilai t tabel atau 2.043 > 1.663 kemudian terlihat pula bahwa nilai sig lebih kecil dari nilai probabilitas 0,05 atau 0.044 < 0.05. Jadi dapat disimpulkan variabel Kompensasi berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap Kinerja Karyawan. Hasil analisis diperoleh nilai t hitung untuk variabel Kepemimpinan Transaskional (X2) sebesar 6.427 jika dibandingkan dengan nilai t tabel yang sebesar 1.663. Maka t hitung yang diperoleh lebih besar dari nilai t tabel atau 6.427 > 1.663 kemudian terlihat pula bahwa nilai sig lebih kecil dari nilai probabilitas 0,05 atau 0.000 < 0.05. Jadi dapat disimpulkan variabel Kepemimpinan Transaksional berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap Kinerja Karyawan. Berdasarkan hasil uji F menunjukkan nilai f hitung adalah 111.422 dengan tingkat sig 0,000 oleh karena itu nilai sig 0,000 < 0,05 dan nilai F hitung 111.422 > F tabel 3.11 hal ini menunjukkan bahwan Ho ditolak sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel independen X1 dan X2  secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel dependen Y.
PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN UD ADLI DI DESA SUKAJADI KECAMATAN PERBAUNGAN Gusti Pratiwi; Tukimin Lubis
Jurnal Bisnis Mahasiswa Vol 1 No 2 (2021): Jurnal Bisnis Mahasiswa
Publisher : PT Aksara Indo Rajawali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (318.785 KB) | DOI: 10.60036/jbm.v1i2.11

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan UD Adli di Desa Sukajadi Kecamatan Perbaungan. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif, bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dua variabel atau lebih. Populasi penelitian ini adalah pelanggan UD Adli selama satu minggu yaitu sebanyak 945 pelanggan. Sampel penelitian didapatkan menggunakan rumus slovin yaitu sebanyak 90 pelanggan. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Uji kesesuaian dengan menggunakan uji t dan uji F dilakukan untuk menguji pengaruh secara parsial dan simultan antara variabel independen dengan variabel dependen dengan asumsi bahwa variabel lain dianggap konstan. Berdasarkan hasil pengujian secara parsial dikertahui bahwa variabel Kualitas Produk (X1) dan Harga (X2) memiliki pengaruh terhadap Kepuasan Pelanggan (Y). Berdasarkan hasil uji F menunjukkan nilai f hitung adalah 52.633 dengan tingkat sig 0,000 oleh karena itu nilai sig 0,000 < 0,05 dan nilai F hitung 52.633 > F tabel 2.71 hal ini menunjukkan bahwan Ho ditolak sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel independen X1 dan X2 secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel dependen Y. Berdasarkan hasil uji koefisien determinasi nilai R square sebesar 0.548. Hal ini berarti bahwa pengaruh variable X1 dan X2 terhadap variable Y adalah sebesar 54.8%, sedangkan sisanya sebesar 0.452 atau 45.2% dipengaruhi variable lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini.

Page 1 of 10 | Total Record : 92