Kecerdasan emosional memiliki peranan sangat penting untuk mencapai tujuan pendidikan, salah satunya dapat dikembangkan melalui pendidikan ekstrakurikuler bidang olahraga. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis tingkat kecerdasan emosional siswa SMA yang mengikuti ekstrakurikuler olahraga permainan berdasarkan jenis olahraga dan jenis kelamin. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan teknik survei pada 168 siswa SMA yang mengikuti ekstrakurikuler olahraga permainan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kecerdasan emosional siswa SMA yang mengikuti ekstrakurikuler olahraga permainan termasuk kedalam kategori sedang, tidak terdapat perbedaan tingkat kecerdasan emosional antara siswa yang mengikuti ekstrakurikuler olahraga beregu dan perorangan. Berdasarkan jenis kelamin ditemukan perbedaan tingkat kecerdasan emosional dengan siswa puteri memiliki kemampuan yang lebih tinggi daripada siswa putera.
Copyrights © 2022