JUSTIN (Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi)
Vol 10, No 2 (2022)

Sistem Informasi Akuntansi Pengelolaan Keuangan dan Anggaran Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) (Studi Kasus : BUMDes Desa Pakisaji Kabupaten Malang)

Moch Zawaruddin Abdullah (Politeknik Negeri Malang)
Mungki Astiningrum (Politeknik Negeri Malang)
Yuri Ariyanto (Politeknik Negeri Malang)
Dwi Puspitasari (Politeknik Negeri Malang)
Atiqah Nurul Asri (Politeknik Negeri Malang)
Denny Nur Ramadhan (Politeknik Negeri Malang)
Sultan Achmad Qum Masykuro Nur Santiko (Politeknik Negeri Malang)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2022

Abstract

Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) merupakan lembaga usaha desa yang menjadi pilar dalam upaya memperkuat perekonomian desa dan dibentuk berdasarkan kebutuhan dan potensi desa. BUMDes berperan dalam menggerakkan roda perekonomian di pedesaan. Dalam perjalanannya, BUMDes memiliki permasalahan pada pengelolaan administratif dan manajemen keuangan yang masih menggunakan pencatatan secara manual, tak terkecuali BUMDes Pakisaji Kabupaten Malang. Keterbatasan pencatatan keuangan yang masih dilakukan manual menyebabkan beberapa permasalahan yang timbul antara lain sering terjadi ketidaksesuaian data yang ada dalam nota kwitansi dengan buku catatan keuangan. Keuangan merupakan salah satu aset yang esensial yang membutuhkan proses pengelolaan data yang baik. Belum adanya sistem informasi tentang pengelolaan transaksi keuangan menyebabkan pihak desa kesulitan dalam pengolahan data transaksi yang ada pada BUMDes maupun pada unit usaha di bawah naungan BUMDes. Penelitian ini bertujuan membangun sistem informasi akuntansi sederhana untuk mengelola transaksi keuangan dan penganggaran di BUMDes Pakisaji Kabupaten Malang, sehingga pencatatan keuangan tersistem dengan baik dan mampu meminimalisir resiko tidak terkontrolnya data keuangan. Sistem yang dikembangkan menggunakan basisdata MySQL dan framework PHP/Laravel yang kaya fitur modern dan memudahkan dalam merancang suatu aplikasi website.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

justin

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

JUSTIN aims to publish research results and thoughts among academics, researchers, scientists, and practitioners in the field of informatics/computer science so that they are freely available to the public, and support the exchange of knowledge. The scope of JUSTIN is but is not limited to the ...