Jurnal Agrisistem
Vol. 17 No. 2 (2021): Jurnal Agrisistem

EFEKTIVITAS PUPUK ORGANIK CAIR (POC) CANGKANG TELUR DAN AIR KELAPA TERHADAP PERTUMBUHAN RUMPUT GAJAH MINI (PENNISETUM PURPUREUM CV. MOTT): Effectiveness of Organic Liquid Fertilizer from Egg Shell and Coconut Water on The Growth of Gajah Mini Grass (Pennisetum purpureum Cv.Mott)

Aminuddin Saade (Politeknik Pembangunan Pertanian Gowa)
Idris Idris (Politeknik Pembangunan Pertanian Gowa)
Andi Fachrizal (Politeknik Pembangunan Pertanian Gowa)



Article Info

Publish Date
24 Dec 2021

Abstract

Kajian ini dilaksanakan di Kampus Poloteknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Gowa pada Bulan Mei sampai Bulan Juli 2021, dan penyuluhan dilaksanakan pada Kelompok Tani Palampang Raya di desa Pabbentengang, Kecamatan Bajeng, Kabupaten Gowa. Kajian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pupuk organik cair (poc) cangkang telur dan air kelapa terhadap pertumbuhan rumput gajah mini, dan untuk mengetahui perubahan tingkat pengetahuan, keterampilan dan sikap peternak terhadap efektivitas pupuk organik cair (poc) cangkang telur dan air kelapa terhadap pertumbuhan rumput gajah mini. Metode kajian disusun dengan menggunakan Mirosoft Excel 2010 yang dilanjutkan dengan Uji BNT, yang terdiri dari empat perlakuan dan empat ulangan sehingga diperoleh 16 sampel. Perlakuan P0 (tanpa perlakuan POC), P1 (POC cangkang telur dan air kelapa 150 mL/liter air), P2 (POC cangkang telur dan air kelapa 250 mL/liter air), P3 (POC cangkang telur dan air kelapa 350 mL/liter air). Hasil menunjukkan bahwa perlakuan P3 (POC cangkang telur dan air kelapa 350 mL/liter air) memberikan hasil terbaik pada tinggi tanaman (75,1 cm), panjang daun (46,36 cm) dan lebar daun (2,53 cm), perlakuan P1 (POC cangkang telur dan air kelapa 150 mL/liter air) memberikan hasil terbaik pada jumlah anakan (2,73 anakan).

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

J-Agr

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry

Description

Jurnal Agrisistem merupakan jurnal yang memuat publikasi hasil-hasil penelitian di bidang pertanian secara makro dan peternakan secara mikro. Bidang pertanian meliputi Agronomi, Agroteknologi, Ilmu Tanah, Hortikultura, Hama dan Penyakit, Perkebunan, dan Teknologi Hasil Pertanian. Bidang Peternakan ...