DEIKTIS: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra
Vol. 2 No. 3 (2022)

Efektivitas Pendekatan Kontekstual terhadap Hasil Belajar Pkn Siswa Kelas IV SDN 028 Baebunta

Feronika Piung (Universitas Cokroaminoto Palopo)
Muhammad Hasby (Universitas Cokroaminoto Palopo)
Jusrianto (Universitas Cokroaminoto Palopo)
Edi Wahyono (Universitas Cokroaminoto Palopo)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pendekatan kontekstual efektif terhadap hasil belajar PKn siswa kelas IV SDN 028 Baebunta. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode Pre-eksperimen. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu design One Group Pretest-Posttest Design. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 028 Baebunta tahun ajaran 2020/2021. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan total sampling technique. Sampel dalam penelitian ini adalah 20 orang siswa. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 5 kali pertemuan. Data hasil belajar PKn dikumpulkan menggunaan tes objektif pilihan ganda. Teknik pengumpulan data penelitian diperoleh melalui tes awal (posttest), pemberian perlakuan (treatment), tes akhir (posttest). Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis statistik deksriptif dan teknik analisis statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan kontekstual efektif terhadap hasil belajar PKn siswa kelas IV SDN 028 Baebunta. Hal tersebut dapat dilihat pada hasil pretest dan posttest. Nilai rata-rata hasil belajar posttest lebih besar dari nilai rata-rata pretest. Rata-rata nilai posttest 85,75 tergolong tinggi sedangkan rata-rata nilai pretest 57,25 tergolong rendah. Hal ini dibuktikan dengan uji statistik menggunakan uji Paired samples t-test antara nilai pretest dan posttest dengan taraf signifikansi 0,05 yang menunjukkan nilai sig.(2-tailed) adalah sebesar 0,000 < 0,05 maka ditolak dan diterima. Hasil analisis yang kedua dapat dilihat dari uji-t yang menunjukkan nilai adalah 29,486 dan dengan df = 19 pada nilai signifikansi = /2 = 0,05/2 = 0,025 adalah 2,093 maka 29,486 > 2,093 yang artinya ditolak dan diterima.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

deiktis

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

DEIKTIS: Journal of Language and Literature Education is an academic journal published in April, August and December by the Indonesian Muslim Lecturer Association. This journal presents scientific articles on Learning, Education, Literature, Linguistics, ...