DEIKTIS: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra
Vol. 2 No. 3 (2022)

Pengaruh Metode Pemberdayaan Berpikir melalui Pertanyaan (PBMP) terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI IPA SMA Katolik Cendrawasih Makassar

Rusdianto (Universitas Patompo)
A.Bida Purnamasari (Universitas Patompo)
Bungatang (Universitas Patompo)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2022

Abstract

Metode PBMP merupakan metode pembelajaran yang berlangsung tidak secara informatif, seluruhnya dilakukan dengan rangkaian atau jalinan pertanyaan yang telah dirancang secara tertulis sehingga dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran PBMP terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI IPA SMA Katolik Cendrawasih Makassar. Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen semu (Quasi Eksperimen) dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah kelas XI IPA1 dan kelas XI IPA 3 SMA Katolik Cenderawasih Makassar semester genap tahun pelajaran 2017/2018. Sampel penelitian dipilih secara acak untuk menentukan kelas eksperimen dan kelas control. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar. Data dianalisis dengan teknik analisis statistik deskriptif dan teknik analisis inferensial (uji normalitas, uji homogenitas dan uji t). Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik yang diajar menggunakan metode PBMP berada pada kategori sangat tinggi dengan presentase sebesar 65,00% dan hasil belajar peserta didik yang diajar menggunakan pembelajaran konvensional berada pada kategori rendah dengan presentase sebesar 50,00%.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

deiktis

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

DEIKTIS: Journal of Language and Literature Education is an academic journal published in April, August and December by the Indonesian Muslim Lecturer Association. This journal presents scientific articles on Learning, Education, Literature, Linguistics, ...