DEIKTIS: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra
Vol. 2 No. 4 (2022)

Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Prosedural Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Pada Siswa Kelas Vii Smp Negeri 1 Palopo

Etik (Universitas Cokroaminoto Palopo)
Abd. Rahim Ruspa (Universitas Cokroaminoto Palopo)
Yori (Universitas Cokroaminoto Palopo)



Article Info

Publish Date
16 Dec 2022

Abstract

Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) bertujuan untuk meningkatkan hasil pembelajaran bahasa Indonesia menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan pokok bahasan menulis teks prosedur dengan perangkat pembelajaran Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), bahan ajar, lembar kerja kelompok, dan lembar penilaian (LP). Model PTK yang digunakan yaitu model yang dikembangkan oleh Kemmis dan McTaggart bahwa penelitian tindakan adalah suatu siklus spiral yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan (observasi), dan refleksi, yang selanjutnya mungkin diikuti dengan siklus spiral berikutnya atau bisa disebut siklus, Subjek penelitian semua siswa kelas VIIc SMP Negeri 1 Palopo tahun ajaran 2022/2023 dengan jumlah siswa sebanyak 33 siswa. Hasil Penelitian yaitu: Penggunaan model pembelajaran koopeartif tipe STAD sudah baik. Hasil belajar siswa pada siklus I adalah 75,7% atau 25 siswa, lalu pada siklus II menjadi 90,9% atau 30 siswa, penggunaan model pembelajaran koopeartif tipe STAD meningkatkan hasil belajar siswa terbukti dari indikator yang awalnya ditetapkan adalah 85% dan menjadi 90,9%. Indikator keaktifan pembelajaran siswa menjadi kategori aktif.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

deiktis

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

DEIKTIS: Journal of Language and Literature Education is an academic journal published in April, August and December by the Indonesian Muslim Lecturer Association. This journal presents scientific articles on Learning, Education, Literature, Linguistics, ...